Maruarar Sirait: Seni dan Budaya di Sumedang Harus Menjadi Barometer Baru Industri

SUMEDANG, eljabar.com — Politisi asal partai yang berlambang banteng bermoncong putih (PDIP) Maruarar Sirait mengatakan, “Sumedang merupakan puser budaya Sunda itu betul-betul makin maju dan profesional, kendati demikian, tentunya saya sebagai anggota DPR RI dan memang komitmen saya untuk memajukan anak muda dan kesenian di Kabupaten Sumedang ini secara sungguh-sungguh dan masif,“ tutur Marurar Sirait kepada sejumlah wartawan saat mendatangi pagelaran seni dan budaya Sunda yang digelar oleh paguyuban seni dan budaya Sunda yang belable Sukma Sajati, di Taman Loji, kampus ITB Jatinangor, Kab. Sumedang, Minggu (28/01/2018).
Maruarar menerangkan hari ini saya diundang oleh paguyuban seni dan budaya Sunda (Sukma Sajati, red) saya pikir ini Sukma Sajati ini merupakan organisasi yang berkualitas, memiliki dasar hukum yang jelas dan tujuan yang jelas dan memang semua kegiatannya diorganisir dengan baik, terarah, “Tadi saya minta dikelola event event yang berkualias, kuliner yng baik dan tempat yang bersih, aman, dan di promosikan dengan media sosial,“ ujar Maruarar Sirait.
Saat ditanya geliat pemuda Sumedang terhadap kesenian Sunda, terbukti di setiap acara kesenian di Sumedang, selalu dihadiri ribuan orang dan diikuti oleh banyak sekali seni dari berbagai komunitas seni dan budaya, hari ini saya bikin 5 group dan nanti di bulan maret yang akan datang, saya akan bikin 26 group dari setiap kecamatan di Kabupaten Sumedang. Tentunya, supaya benar-benar bisa bersinergi, ekonomi kerakyatan dari para pengusaha, pengusaha kecil mikro, selain pelaku kuliner maju dan seniman pun akan maju, dan tentunya untuk kedepan kita harapkan anak anak muda yang memiliki keterampilan Event Organizer (EO) yang luar biasa, sehingga dapat memanage komunitas seni, budaya dan kuliner khususnya di Sumedang, “Kita ingin memajukan dengan sungguh-sungguh karena memang persaingan perekonomian saat ini makin ketat. Sumedang harus berbenah agar bisa menarik wisatawan yang datang ke Sumedang, karena menurut saya daya tariknya Sumedang merupakan dari bidang kuliner, kesenian dan budaya,“ pungkasnya. (*)

Categories: Nasional,Seni Budaya