Maruarar Sirait Kembali Menggelar Pesta Rakyat di Sumedang

eljabar.com : Kiki Andriana
SUMEDANG, — Politisi muda Partai berlambang banteng bermoncong putih (PDI Perjuangan), Maruarar Sirait kembali menggelar pesta rakyat di kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Foto diambil saat anggota komisi XI DPR F - PDIP, Maruarar Sirait menggelar pagelaran seni dan budaya Sunda, di Desa Tolengas, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018) malam.
Foto diambil saat anggota komisi XI DPR F – PDIP, Maruarar Sirait menggelar pagelaran seni dan budaya Sunda, di Desa Tolengas, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018) malam.

Pantauan kami di lokasi, Sabtu (10/3/2018) malam, walaupun guyuran hujan intensitas cukup tinggi, masyarakat di daerah tersebut tetap berantusias untuk bersilaturahmi dengan politisi PDIP Maruarar Sirait sambil menikmati pagelaran kesenian yang disajikan oleh para pegiat seni asal Sumedang, yakni, kesenian asal Desa Tolengas (kesenian Obrog Obrog), Pencak Silat, Kuda Renggong, Seni Reak, dan kesenian Sunda lainnya.
Guyuran hujan dan alunan musik tradisional seakan menjadi saksi dan menjadi pemicu kegembiraan masyarakat di daerah tersebut.
Sementara itu, Maruarar Sirait, mengatakan mulai tahun 2004 hingga sekarang (14 tahun, red) menjadi wakil rakyat Sumedang, tentunya saya sangat berterima kasih sekali terhadap masyarakat Sumedang, tanpa masyarakat kabupaten Sumedang saya belum tentu menjadi anggota DPR , ” ucap Maruarar Sirait kepada sejumlah wartawan saat ditemui usai menggelar pagelaran seni dan budaya Sunda, di Desa Tolengas, Kecamatan Tomo, Kab. Sumedang, Sabtu ( 10/3/2018) malam.
Maruarar menjelaskan, Hari ini saya sedang melakukan kunjungan kerja, dan tadi siang saya lagi kunjungan kerja di Majalengka dengan menyelenggarakan 4000 pecatur.
Tolengas, memiliki kenangan tersendiri, desa ini memiliki sejarah, masyarakat desa Tolengas sangat baik dan terbuka, dari sisi pariwisata, Situ Sari bisa berkembang, dan memang komitmen kita itu trisaksti, bulan depan saya akan buat festival sisingaan di kabupaten Subang, dan di Sumedang saya akan menggelar festival kuda renggong, mari kita lestarikan kesenian, karena kesenian adalah jatidiri kita,” pungkasnya.

Rela diguyur hujan, ratusan warga Tolengas, Kab. Sumedang, berantusias untuk bersilaturahmi dengan politisi PDIP, Maruarar Sirait.
Rela diguyur hujan, ratusan warga Tolengas, Kab. Sumedang, berantusias untuk bersilaturahmi dengan politisi PDIP, Maruarar Sirait.

Sementara itu, Jamalludin (19) pemuda asal desa Tolengas Kec. Tomo, Kab. Sumedang mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas kedatangan bang Ara (sapaan akrab Maruar Sirait, red) yang telah menggelar pagelaran seni di daerah kami ini, tentunya, lanjut Jamaludin, acara seperti ini dapat terselenggara di hari hari berikutnya, “Saya sangat senang sekali, karena pagelaran seni seperti ini jarang sekali di daerah kami, “ cetus Jamaludin di lokasi.
Senada dikatakan H. Enang Supriatna (58) tokoh masyarakat kampung Tolengas, desa Tolengas, Kec. Tomo, Kab. Sumedang, pihaknya mengatakan sangat senang dengan adanya pagelaran seni ini, memang di daerah kami juga suka ada pagelaran kesenian, namun hanya acara hari kemerdekaan saja, “Saya bersama masyarakat Tolengas sangat senang dan berterima kasih kepada Maruarar Sirait yang telah datang langsung ke daerah kami, ini yang ketiga kalinya Bang Ara mengunjungi daerah kami,“ kata dia. (*)

Categories: Nusantara