Musrenbang, Ini Prioritas Pembangunan Sumedang Tahun 2019

SUMEDANG, eljabar.com,– Sebanyak 400 orang peserta mengikuti Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2018 yang diselenggarakan di Gedung Negara, Selasa (13/3).

Ratusan peserta tersebut terdiri dari Forkopimda Kabupaten Sumedang, Anggota DPRD RI Dapil 9, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, unsur Bappeda Provinsi Jawa Barat, usur Bappeda dari pemerintah daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, seperti Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung serta Kabupaten Bandung Barat, perangkat Daerah Kabupaten Sumedang, BUMN dan BUMD di wilayah Kabupaten Sumedang, Lembaga Swadaya Masyarakat serta Delegasi Musrenbang dari kecamatan dan perangkat daerah.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan  Daerah (Bappppeda) Kab. Sumedang, Hj. Tuti Ruswati, S. Sos, M. Si mengatakan, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Sumedang tahun 2018 meliputi pembukaan, pemaparan dari para narasumber, pemaparan hasil rapat koordinasi bidang prasarana dan pengembangan wilayah, rapat koordinasi bidang ekonomi dan Sumer Daya Alam, rapat koordinasi bidang pemerintahan dan sosial dimana hasil rakor tersebut disepakati menjadi keputusan Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) .

“Maksud dari dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Sumedang dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan provinsi serta untuk mengklarifikasi  usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat dalam musrenbang desa/kelurahan, musrenbang kecamatan dan juga Forkopimda,” kata Tuti.

Menurutnya, musrenbang tingkat kabupaten tersebut bertujuan untuk membahas dan menyepakati hasil-hasil musrenbang dari tingkat kecamatan dan perangkat daerah serta merumuskan prioritas kegiatan yang akan didanai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN, serta sumber pendanaan lainnya.

Dikatakan, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sumedang pada tahun 2019 mengusung tema Penguatan Potensi Daerah Untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat Kabupaten Sumedang. Menurutnya, tema tersebut diusung berdasarakan Visi dan Misi Kabupaten Sumedang Tahun 2005-2025.

‘’Prioritas pembangunan di Kabupaten Sumedang tahun 2019  meliputi peningkatan penanggulangan kemiskinan, peningkatan aksesbilitas dan mutu pendidikan dan kesehatan, penguatan potensi sumber daya daeah dalam mendukung pengembanagn agrobisnis dan pariwisata, peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan, penigkatan infrastruktur untuk mendukung perekonomian masyarakat, peningkatan pelestaraian dan pemanfaatan kebudayaan serta hal-hal lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs. Bupati Sumedang, Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto dalam sambutannya mengatakan bahwa penyusunan RKPD Tahun 2019 menjadi momentum yang sangat penting dan menjadi titik awal perencanaan pembangunan jangka menengah daerah tahun 2005-2025, yaitu “Sumedang Sehati ” (Sejahtera, Agamis, dan Demokratis).

‘’Musrenbang adalah mekanisme perencanaan untuk mempertemukan usulan atau kebutuhan masyarakat atau bottom up planning dengan apa yang diprogram pemerintah atau top down planning. Idealnya pelaksanaann Musrenbang ini dapat melibatkan masyarakat atau pemangku kepentingan dan bersama-sama memikirkan bagaimana caranya membiayai serta mengimplementasikan hasil musrenbang ini,” kata Sumarwan. (abas)

Categories: Kabupaten Sumedang