Program Pamsimas telah Hadir di 101 Desa di Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Dari 270 desa dan 7 kelurahan yang ada di Kabupaten Sumedang, 101 desa/kelurahan diantaranya telah mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Pjs. Bupati Sumedang, H. Sumarwan HS juga mengapresiasi capaian program Pamsimas di kabupaten yang hampir mencapai 40 persennya dari jumlah seluruh desa/kelurahan di Sumedang.

“Air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Oleh karena itu, saya apresiasi keberadaan Pamsimas yang telah ada di 101 desa/kelurahan di Kab. Sumedang,” ujarnya.

Pernyataan Sumarwan tersebut disampaikan dihadapan Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Ketua Lembaga Permusyawaratan Masyarakat serta para pengelola Badan Usaha Milik Desa dari 28 Desa penerima program Pamsimas di Kab. Sumedang, pada saat dirinya memberikan sambutan dalam acara Bimbingan Teknis Kelembagaan Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi yang diselenggarakan di Hotel Puri Khatulistiwa, Selasa, (13/3/18), sore.

Namun demikian, dirinya berharap ke depan seluruh desa dapat memiliki Pamsimas tanpa harus menunggu program bantuan dari pemerintah Kabupaten ataupun Pusat, khususnya dalam hal anggaran pembuatan Pamsimas.

“Saya kira desa-desa lainnya juga dapat melakukan hal yang sama secara mandiri dengan mengarahkan anggaran desa untuk pembuatan Pamsimas, sehingga mampu menyediakan air yang layak minum bagi masyarakat desa setempat,” ucap Sumarwan.

Sumarwan berharap, air yang dihasilkan dari Pamsimas di masing-masing desa, kualitasnya dapat terus ditingkatkan.

“Kalau bisa, air yang dihasilkan dari Pamsimas di Sumedang ini menghasilkan air yang tidak memerlukan proses pematangan terlebih dahulu, dan menghasilkan air yang siap minum. Tentu kalau ini bisa terwujud, maka Pamsimas Sumedang akan menjadi percontohan bagi daerah lain,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Sumedang, H. Teddy Mulyono selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, pada kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 140 orang terdiri dari Kades, Ketua BPD, LPM dan Bumdes dari 28 desa terpilih yang ada di Kab. Sumedang saat itu, rencananya akan dihelat selama dua hari dimulai hari ini, dan akan menyajikan materi yang disampaikan oleh beberapa Narasumber dari Kementerian Desa PDTT dan NMC Pamsimas.

“Semoga melalui penyelenggaraan Bimtek kali ini, dapat menambah pengetahuan peserta tentang penyediaan air minum dan sanitasi, sekaligus dalam hal pengelolaannya sehingga menjadi andalan desa yang dikelola oleh Bumdes dan menjadi sumber pendapatan desa yang sah,” tandasnya. (abas)

Categories: Uncategorized