Pasca Goa Walet Longsor, Puluhan Ribu Pelanggan PDAM Kekurangan Air Bersih

SUMEDANG, eljabar.com – Pasca longsor yang menimpa mata air Goa Walet yang berlokasi di kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, imbasnya, puluhan ribu pelanggan PDAM Titra Medal di tiga kecamatan terancam kekurangan pasokan air bersih, yakni kecamatan Tanjungsari, Kec. Sukasari, dan kecamatan Jatinangor.

Menurut informasi yang kami terima, longsor tersebut terjadi pada 10 hari yang lalu,“ longsor di mata air Goa Walet terjadi pada saat hujan deras yang terjadi pada 10 hari yang lalu, material tanah hampir menutupi semua areal mata air,“ sebut Dadan Ramdhani, salah satu warga komplek Griya Jatinangor 1, Desa Sukarapih, Kec. Sukasari, Kab.Sumedang, kepada kami melalui pesan WhatsApp, Rabu (14/3/2018) pagi.

Akibat longsor yang menimpa mata air Goa Walet, puluhan ribu pelanggan menunggu kepastian dari PDAM Tirta Medal. Eljabar.com : Kiki Andriana
Akibat longsor yang menimpa mata air Goa Walet, puluhan ribu pelanggan menunggu kepastian dari PDAM Tirta Medal.
Eljabar.com : Kiki Andriana

Dadan menerangkan, daerah kami sudah 10 hari tidak menerima pasokan air bersih, warga selama ini mengambil air bersih dari Mushola di daerah sekitar dan sebagian lagi mengambil ke sumur Cibunder, bahkan kalau hujan turun, tak sedikit warga pun memanfaatkan air hujan untuk dipergunakan mandi dan mencuci, “ bebernya.
Memang hal ini terjadi karena ada longsor di Goa Walet, namun pas saya bertanya langsung ke petugas PDAM kapan bisa memasok lagi air, mereka menjawab tidak bisa memastikan kapan bisa memasok air kepada masyarakat.“ kata dia.

Tentunya, ditambahkan Dadan, pihaknya berharap PDAM Tirta Medal dapat mengantisipasi pasokan air ke warga, ya minimal PDAM setiap hari mengirim air bersih kepada warga dengan menggunakan tangki atau cara lain.

Jangan nunggu beres perbaikan, karena kebutuhan masyarakat mengenai air bersih itu tidak bisa dinanti nanti,dan tentunya, menurut Dadan, saya berharap PDAM Tirta Medal dapat segera memperbaiki mata air tersebut hingga dapat memasok lagi air bersih ke pelanggan,“ harapnya.

Hingga berita ini dilansir, petugas PDAM Tirta Medal dibantu oleh masyarakat sekitar bekerja keras membersihkan material longsoran tanah yang menutupi areal mata air Gua Walet dan memperbaiki saluran air (*)

Categories: Uncategorized