H. Juhana: Siswa Harus Punya Kesenangan

KAB. BANDUNG, eljabar.com,- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bandung DR. H. Juhana M.M.Pd melakukan pelepasan balon ke udara dengan disaksikan 31 kontingen atlit O2SN SD tingkat Kab. Bandung, Sekdis DR. Marlan M.Si., Kabid SD Maman Sudrajat, S.Pd., MM, para Kepala UPT TK, SD dan Non Formal, guru pendamping, kepala sekolah dasar (SD) dan Camat Cileunyi Drs. Yayat M.Si.

Pelepasan balon yang dilakukan Selasa (27/3/2018) di lapangan olah raga SD Lab UPI Kec. Cileunyi itu, menandai telah dibukanya ajang O2SN tingkat Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ketua Pelaksana O2SN, Hj. Aas menyampaikan, O2SN mempertandingkan cabang olah raga (cabor) renang, atletik, bulutangkis, karate dan silat. “Dalam pelaksanaan lomba ini, kami bekerja sama dengan Bapopsi dan Disdik Kab. Bandung,” katanya.

Sedangkan, imbuh dia, O2SN SD/MI tingkat Kab. Bandung tahun 2018 diselenggarakan atas dasar UUD Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, UUD Republik Indonesia nomor 3 tahun 2005 tentang sistem olah raga nasional dan berdasarkan surat edaran Mendiikbud nomor 0422 tentang penyenggaraan O2SN.

“Tujuan diselenggarakanya O2SN yakni sebagai seleksi guna membentuk tim O2SN Kab. Bandung,” pungkas Hj. Aas.

Sementara itu, dalam sambutanya, H. Juhana berpesan, para atlit harus memiliki rasa optimis, yakin bisa menang dan tetap menjunjung tinggi sportifitas dalam perlombaaan, hormati wasit dan peraturan, serta jaga persahabatan.

“Kepada wasit, laksanakanlah tugas sesuai ketentuan. Dalam pertandingan, semua atlit memiliki peluang sama, tergantung dari keterampilan dan kesiapan mental,” ujarnya.

Ia juga berpesan, guru dan kepala sekolah agar senantiasa meningkatkan kemampuan siswa di berbagai cabor, diantaranya dengan cara menjaga dan memantau agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

“Kepada para Kepala UPT, lakukanlah pendataan. Siswa harus memiliki kesenangan, minimal satu cabor supaya bergairah. Selain itu, juga harus menjaga kecerdasan akademik dan motorik. Jika ada yang tidak memiliki kesenangan, nanti kita cari dan buat kesenangan yang baru,” tutup H. Juhana.

Kabid SD Kab. Bandung H. Maman S ketika dikonfirmasi eljabar menjelaskan, O2SN tingakat Kab. Bandung ini merupakan seleksi untuk nantinya dibentuk tim O2SN Kab. Bandung dalam mehadapi O2SN tingkat Jawa Barat.

“Perlu saya sampaikan bahwa Kab. Bandung pada O2SN tingkat Jabar sudah 3 tahun berturut-turut menjadi juara umum. Dengan begitu, diharapakan pada tahun 2018 ini Kab. Bandung kembali menjadi juara umum lagi,” harapnya optimis.

Kepala UPT Kec. Cileunyi Drs. Ruswan Rustandar M.Si., menambahkan, guna menyukseskan O2SN tingkat Kab. Bandung, pihaknya selaku tuan rumah telah mempersiapakan berbagai keperluan dan bekerja sama dengan Ketua Cabang PGRI, K3S, guru, Kepala SDN, Muspika Kec. Cileunyi serta pihak SD Lab UPI.

“Ini merupakan sebuah kehormatan dan kepercayaan dari Kadisdik Kab. Bandung, dimana Kec.Cileunyi ditunjuk menjadi tuan rumah O2SN tingkat Kab. Bandung,” ujar Ruswan. (A56)

Categories: Kabupaten Bandung