Simak Khutbah Kapolres Sukabumi, Jaksa Agung Mengaku Terharu

SUKABUMI, eljabar.com,–   Tak disangka, tak diduga. Itulah kalimat yang dilontarkan Jaksa Agung Republik Indonesia H.M. Prasetyo usai menyimak khutbah Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi SH MH saat Shalat Jumat di Mesjid Agung Cicurug, Kab. Sukabumi, Jumat 30 Maret 2018.

Bukan soal Nasriadi berani menjadi Khotib Shalat Jumat, namun Prasetyo mengacungkan jempol lantaran materi yang disampaikan Nasriadi begitu menyejukan dan berkualitas. Bahkan, Prasetyo mengetahui bahwa AKBP Nasriadi sering menjadi Khotib Shalat Jumat di wilayah tugasnya.

Sedangkan shalat Jumat kali ini, dalam rangka silaturahmi Kapolres Sukabumi dengan Jaksa Agung. Kapolres Sukabumi Kabupaten didampingi para pejabat utama Polres Sukabumi, Kabag Ops Kompol Sumarta SH MH, Kabag Ren Kompol Drs Jhery Said, Kabag Sumda Kompol Suradi SH, Kasat Binmas AKP Ahmad Asmadi, Kasat Sabhara AKP Deden Sulaiman SH, Kasat Lantas AKP Galih B Raditya SIK, Kasat Pol Air AKP Amran, Kasat Intelkam AKP Jayudin SH dan Kapolsek Cicurug AKP Simin A Wibowo.

“Sebagai kapolres, beliau menyampaikan materi khutbah dengan baik, fasih dan sangat menyejukkan. Pokoknya tak kalah dengan ustadz dan imam mesjid lainnya. Saya bangga dan terharu,” ucap H.M Parsetyo kepada wartawan.
Sedangkan isi khutbah yang disampaikan Kapolres Sukabumi di antaranya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kerukunan antar-umat beragama, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibas), khususnya dalam menghadapi Pilkada Serentak 2018.

“Cara bersyukur ada 3. Pertama Bil Qalbi (dengan hati). Yakni senantiasa berniat dalam hati syukur kepada Allah SWT dilandasi dengan niat khlas dalam melaksanan semua perintah Allah dan melaksanakan semua kegiatan. Kedua, Syukur Bil Qauli (dengan ucapan). Yakni senantiasa berkata syukur dan diaplikasi denhan kata-baik baik kepada sesama umat manusia dengan tidak melakukan hate spech. Contohnya tidak meyebarkan fitnah yang menimbulkan perpecahan. Fitnah baik langsung maupun melalui media sosial, seperti tidak membuat viral berita hoaks alias bohong,” papar Kapolres Sukabumi dalam khutbah.

Ketika, tambahya, Syukur Bil Fi’li (bersyukur dlm perbuatan), yaitu berbuat baik terhadap sesama, baik sesama muslim atau agama lain, karena Islam adalah agama Rahmatan Lil ‘a lamin yang mengajarkan toleransi, tidak mengajarkan kekerasan. Menjalan ibadah merupakan bagian dari Syukur Bil Fi’li.

“Bersyukur menjadi bangsa Indonesia yang merupakan negara besar, makmur dan sejahtera karena semua ada di Indonesia. “Kita jangan seperti bangsa lain yang hancur akibat pertikaian antar umat sendiri. Kita harus cinta negara karena Hubbul Wathan Minal Iman (Cinta tanah air bagian dar Iman),” tambahnya.

Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi sebelumnya kerap melakukan kunjungan dan menyampaikan khutbah dalam Shalat Jimat. Bahkan, berdasarkan penelusuran eljabar.com, khutbah AKBP Nasriadi ini menuai beragam komentar positif dari para netizen di media sosial.

Pasalnya, selain getol memantau dan bersilaturahmi dengan jajarannya di wilayah, Nasriadi juga diketahui netizen sering menjadi Khotib saat shalat Jumat.

Seperti dilansir Masaginews.com, akun facebook Mbah memposting ‘Subhannallah selama 30 tahun baru dipimpin oleh Kapolres seperti kali ini, Kapolres sebagai Khatib sholat Jumat berjamaah di salah satu masjid di Cikembar, jelas tegas dan tanpa teks, Alhamdulillah’. Tak pelak, postingan tersebut menuai komentar positif dan ratusan like dari puluhan netizen.

Berikut beberapa komentar netizen menanggapi postingan tersebut:
Tresna Slamet ‘Subhanallah….!!! itu adalah cerminan seorang pemimpin, yang Arip, Bijaksana dalam mengambil langkah demi kebenaran dan ini harus jadi contoh bagi pemimpin pemimpin yang lain…!!!‘

Sugi Farmer ‘Alhamdulillah….Sukses slu buat Kepolisian Republik Indonesia‘

Sugi Magic ‘Luar biasa, Shat slu dan senantiasa Sukses slu buat Kapolres kab. Sukabumi‘. (boni h)(boni h)

Categories: Kabupaten Sukabumi