PLN Area Garut Gelar Lomba Masak Menggunakan Kompor Induksi

Garut,eljabar.com — – Dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) Asisten Manajer Perencanaan dan Evaluasi (Asman Renev) dan penandatanganan kontrak kinerja rayon se-area Garut, PT PLN (Persero) Area Garut menggelar lomba memasak dengan menggunakan kompor induksi.

Kegiatan lomba tersebut dibuka langsung oleh Manajer PT PLN (persero) Area Garut, Suwarno yang didampingi para asman lainnya, bertempat di Area Parkir Gunung Papandayan Garut, Jum’at (6/4).

Dalam sambutannya, Suwarno menyampaikan penggunaan kompor induksi ini sangat aman karena tidak menimbulkan api sehingga tidak rawan kebakaran.

Lanjut, Ia mengatakan, bahwa kelebihan kompor induksi selain dianggap hemat energi juga lebih bersih dalam penggunaannya.

Keterangan foto manajer pln area garut suwarno sedang memperlihatkan jenis kompor induksi kepada tamu undangan dan peserta lomba
Keterangan foto manajer pln area garut suwarno sedang memperlihatkan jenis kompor induksi kepada tamu undangan dan peserta lomba

Sekitar 200 orang hadir dalam acara ini, sedangkan untuk lomba memasak diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari jajaran pegawai serta mitra kerja PT PLN (persero) Area Garut.

Pada kesempatan yang sama, Humas PT PLN (persero) Area Garut, Asep Kamil mengatakan bahwa kompor induksi menciptakan reaksi elektromagnetik antara “pot” atau panci dengan “induction cooking zone”.

“Cara kerja alat masak ini mirip dengan baja atau besi yang menempel ke permukaan magnetik. Pada kompor induksi, reaksi magnetik ini digunakan untuk menciptakan panas” ucapnya.

“Sementara kompor listrik tradisional bekerja dengan memanaskan elemen pemanas dan kemudian mentransfer panas ke panci, sedangkan kompor induksi menciptakan panas pada panci itu sendiri. Oleh karena itu, memasak dengan kompor induksi sangat cepat, aman dan hemat energi” pungkasnya.

“Namun perlu diketahui, kompor induksi hanya bekerja dengan panci atau alat masak datar yang terbuat dari stainless steel atau besi” tandasnya. (Dedi S/AE)

Categories: Kabupaten Garut,Priangan Timur