Acara Sosialisasi Saber Pungli Tingkatkan Kualitas Pelayanan Aparatur Terhadap Masyarakat

Garut,eljabar.com – – Acara Sosialisasi dari saber pungli terhadap Aparatur Pemerintah se Bakorpem Wil IV di gelar di Balroom Kassiti 2 Vave Hotel, Jalan Cimanuk No. 338 Garut, Selasa (10/4/18) pukul 09:00 wib.

Mengusung tema “Melalui Saber Pungli Kita Tingkatkan Kualiitas Pelayanan Kepada Masyarakat oleh Aparatur Pemerintah” . Acara tersebut di selenggarakan sekaligus penaggung jawab yaitu Satgas Saber Pungli Prov Jabar ( kom bes pol drs suryana diana ) dan di ikuti sekitar 360 orang.

Turut hadir tamu undangan dari tiap kabupaten diantaranya, Ketua saber pungli propinsi jawa barat ( Kombes pol drs suryana diana ), Kemenkum dan Ham ( Drs. ahmad kapi sutisna SH MH),Kasub bid Humas polda jabar ( AKBP adie suwarman STT ), Asbit intel kajati jabar ( suharso SH MH ), Dandim 0611/grt di wakili Kasi Intel ( kapten Inf didi S ), Wakapolres Garut (Ketua Pelaksana), Inspektur Kab. Garut (Wakil Ketua Pelaksana I), Kasi Intel Kejaksaan Negeri Garut (wakil Ketua Pelaksana II), Kabag Ops Polres Garut (Sekretaris), Asisten pemerintahan sekda garut (Sekretaris II), Kasi Pidsus Kejaksaan Garut (Sekretaris III), Kasat Intel Polres Garut (Ketua unit intelejen), Sekretaris diskominfo kab. garut (ketua unit pencegahan), Kasat reskrim (ketua unit penindakan), Kasat pol PP (ketua unit yustisi), Kasubbag keu dan gar pada sekretariat inspektorat (bid keu), 1 pers bid ops, 3 pers bid logistik, 2 pers bid adm,1 pers bid data dan informasi, 1 unit bid penindakan, Bapas : 1 Org, BPN : 1 Org, Baur SIM : 1 Org,Baur TNKB : 1 Org,Baur STNK : 1 Org,Baur Cek Fisik : 1 Org,Baur SKCK : 1 Org, Baur BPKB : 1 Org.Ketua Apdesi : 1 Org,Kementrian Agama : 1 Orang, Bakesbangpol dari tiap” kabupaten, Ketua Apdesi dan Perwakilan Camat tiap Kabupaten.

Dalam sambutannya ketua tim Saber Pungli Prop Jawa Barat menyampaikan bahwa kewenangan Datuan Tugas Dapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) tidak sampai pada penindakan secara hukum, di bentuk nya satgas saber pungli tersebut untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat oleh Aparatur Pemerintah.

“Satgas saber Pungli bukan organisasi untuk penindakan. Begitu OTT, kami himpun dan kami salurkan ke kementerian atau lembaga terkait yang berwenang memproses hukum, bisa langsung diserahkan ke kepolisian”, ujarnya.

Disamping itu sekertaris 2 tim saber Pungli mengatakan bahwa, Saber Pungli mulai efektif bekerja pada Jumat 28/10/2016 sampai sekarang dan berdasarkan amanat Presiden Joko Widodo satgas mulai bekerja dalam jangka waktu satu pekan setelah penerbitan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Selain itudi katakan nya bahwa mekanisme Saber Pungli ketika menerima laporan pengaduan. Anggota Tim Pengembangan Aplikasi Pengaduan Satgas Saber Pungli, setiap laporan pengaduan dari masyarakat yang diterima oleh petugas akan diserahkan kepada kepala posko satgas dan setelah laporan diterima, kepala posko akan memilah seluruh laporan tersebut. Jika dinilai sudah memiliki cukup bukti, laporan akan diteruskan ke kelompok kerja (pokja) penindakan. Sementara itu laporan yang dinilai belum memiliki cukup bukti akan ditangani oleh pokja intelijen.

” Setelah pengaduan kami terima, akan diberikan ke Kepala Posko. Nanti dia yang akan memilah. Jika sudah cukup bukti dan segala macam, langsung ke pokja penindakan, kalau belum, masih harus diteliti lagi masuknya ke pokja intelijen,” paparnya.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, ada tiga cara masyarakat bisa melaporkan praktik pungli.

Dengan di adakannya kegiatan sosialisasi saber pungli di harapkan para aparatur pemerintahan bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan didasari rasa tanggung jawab. (wahyudin/AE)

Categories: Uncategorized