IPDN Siapkan Fisik dan Mental Praja Jelang PL dan BKP 2017/2018

Jatinangor,eljabar.com —  (16/04/2018), IPDN siapkan fisik dan mental praja jelang pelaksanaan Praktik Lapangan (PL) dan Bhakti Karya Praja (BKP) tahun 2017/2018. Untuk tahun ini, pelaksanaan PL dan BKP sendiri dilaksanakan di beberapa daerah yakni PL I Kabupaten Subang, PL II Kabupaten Indramayu, PL III Kabupaten Brebes dan BKP di Kabupaten Bogor. PL I dilaksanakan pada 17-30 Juli 2018, PL II pada tanggal 24 April – 23 Mei 2018. PL III pada tanggal 19 April-18 Mei dan BKP dilaksanakan pada 10 April-9 Mei 2018. Pada tanggal 16 April 2018 yang lalu digelar pembekalan PL II, bertempat di Gedung Balairung Rudini. Pada kesempatan tersebut hadir Deputi I IPDN yakni Prof. Dr. Khasan Effendi, M.Pd. Pembicara pada pembekalan tersebut yakni Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Kabupaten Indramayu yakni Asep Afandy D. M.Si.

Tanggal 17 April 2018  ditempat yang sama dilaksanakan pembekalan PL III Kabupaten Brebes yang menghadirkan narasumber yakni Kepala Baperlitbang, Dr. Angkatno, Kabag  Tapem Warsito Eko Putro, S.Sos., M.Si, Sekdin BKSDM Dra. Ndaru dan Sekdin BPKAD Dra. Wulan. Sejumlah 1.093 orang praja IPDN mulai laksanakan BKP di Kabupaten Bogor. Bupati Kabupaten Bogor Hj. Nurhayati, S.H., M.M., M.Si bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara pembukaan BKP di Bogor. Deputi III IPDN, Dr. Hyronimus Rowa, M.Si didampingi Kepala Biro I dan II, Kasat Manggala Pelatihan, Kasat Manggala Pengasuhan  serta jajaran Kepala Bagian turut serta mewakili Rektor IPDN. Seluruh praja ini kemudian akan disebar di 10 Kecamatan dan 50 Desa di Kabupaten Bogor. Pelaksanaan BKP ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 10 April – 9 Mei 2018. “Maksud diselenggarakannya BKP ini adalah merupakan wujud implementasi tridharma perguruan tinggi, khususnya dharma pengabdian pada masyarakat”, ujar Kabag Humas dan Protokol IPDN.

Adapun tujuan dari kegiatan BKP ini yakni praja IPDN diharapkan mendapat pengalaman praktis dengan mengetahui secara langsung di lapangan, berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dilakukan pada tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa dan masyarakat. “Maksud diselenggarakan BKP ini selain bagi praja itu sendiri bertujuan juga untuk pihak IPDN agar mampu meningkatkan hubungan dan kerja sama yang harmonis dengan pemerintah daerah selain itu dengan diselenggarakannya BKP ini juga diharapkan dapat tertatanya penyelenggaraan pemerintahan sesuai undang-undang yang berlaku”,  ujar Deputi III IPDN. Deputi I IPDN menyampaikan beberapa pesan bagi seluruh praja yang akan mengikuti PL dan BKP, “Siapkan mental dan fisik kalian. Perhatikan sikap kalian. Tolong jaga juga kesehatan kalian. Kerjakan apa yang bisa dikerjakan”, ujarnya. (Abas)

Categories: Uncategorized