Momentum HJS ke-440, Bupati Apresiasi Jajaran Pemkab Sumedang

Sumedang,eljabar.com — Dalam momentum Hari Jadi Sumedang (HJS) ke-440 tahun 2018 saat ini, Pjs Bupati Sumedang, Sumarwan Hadi Soemarto apresiasi jajaran Pemerintahan Kabupaten Sumedang yang dinilai telah bekerja keras dan membangun sinergi yang kuat, sehingga berhasil meraih berbagai capaian positif. Pernyataan tersebut disampaikan Sumarwan dalam amanatnya saat menjadi Pembina Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka HJS ke-440 yang diselenggarakan di Alun-alun Sumedang, Selasa, (17/4/2018)

Dituturkan Sumarwan, pernyataannya tersebut karena berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) di tingkat Provinsi Jawa Barat, menunjukkan bahwa status kinerja Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kab. Sumedang tahun 2016, memperoleh skor 3,0323 atau dengan kategori prestasi sangat tinggi. 

“Keberhasilan ini tentu saja menjadi bukti nyata bahwa berjalannya koordinasi terhadap seluruh proses pembangunan di daerah khususnya Kab. Sumedang, telah berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. Untuk itu sekali lagi saya sampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama membangun kabupaten yang kita cintai ini,”ungkapnya.

IMG_20180417_202012

Selain memaparkan berbagai keberhasilan pembangunan non fisik di Kab. Sumedang seperti halnya meningkatnya Indeks Pembangunan Masyarakat, kenaikan Standar Hidup Layak, Angka Harapan Hidup dan Derajat Kesehatan Masyarakat yang terus membaik, dikatakan Sumarwan, pembangunan pada sektor fisik pun diakuinya secara bertahap telah terselesaikan dengan baik. 

“Sebagaimana kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu telah diresmikan secara simbolis berbagai proyek pembangunan yang bersumber dari APBD Kab. Sumedang dan APBD Prov. Jawa Barat T.A 2017. Penataan Alun-alun Tegalkalong, penanganan bangunan Jembatan Pasifik, pembangunan gedung rawat inap Intensive Care Unit (ICU) RSUD Sumedang, pembangunan Puskesmas Sawahdadap, dan renovasi bangunan Puskesmas Tomo adalah diantara proyek-proyek yang bersumber dari APBD Kabupaten Sumedang,” paparnya.

Sedangkan proyek pembangunan pemerintah yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat, lanjut Sumarwan, yaitu pembangunan Sport Centre Tadjimalela yang terletak di Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan.

Masih di hari yang sama, selepas melaksanakan Upacara Bendera dilakukan pula berbagai kegiatan lainnya seperti penyerahan secara simbolis SK Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2018 di lingkungan Pemerintah Kab. Sumedang, pemberian penghargaan kepada Rifdah Farnidah yang berhasil menjadi juara dua Musabaqah Hifdzil Qur’an tingkat Internasional di Jordania, penghargaan kepada beberapa tokoh/kelompok seni budaya, penghargaan untuk Atlet berprestasi, santunan kepada anggota KORPRI yang meninggal dunia dan kecelakaan, penyerahan bantuan Kendaraan Dinas Operasional Roda 2 untuk UPZ kecamatan, serta pemberian santunan berupa bahan pokok bagi abang Becak sebanyak 650 orang.

Dalam rangka hari jadi sumedang ke-440 saat ini juga Sumarwan meresmikan beberapa proyek pembangunan secara simbolis yang bersumber dari APBD Kab. Sumedang T.A 2017, diantaranya adalah pembangunan/rehabilitasi Puskesmas Conggeang, pembangunan/rehabilitasi Jembatan Cihonje Desa Cimarga Kecamatan Cisitu, pembangunan/rehabilitasi jaringan irigasi, daerah irigasi Cihikeu Desa Kirisik Kecamatan Jatinunggal, pembangunan tugu pertigaan jalan cagak Legok Kaler Kecamatan Paseh, peningkatan jalan Cimalaka-Cipadung, pembangunan rehab jaringan tersier kelompok tani Mekar Rahayu Desa Cipeles Kecamatan Tomo dan pembangunan DAM Parit kelompok tani Mekar Saluyu Desa Cigintung Kecamatan Cisitu. 

Adapun seluruh proyek pembangunan tahun anggaran 2017 tersebut, menurut keterangan Sumarwan, telah dilaksanakan melalui SKPD dan Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa dengan jumlah total pengadaan sebanyak 2.923 (dua ribu sembilan ratus dua puluh tiga) paket pekerjaan, dengan nilai kontrak sebesar Rp. 685.352.000.000,- (enam ratus delapan puluh lima milyar tiga ratus lima puluh dua juta rupiah).

Selepas menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan dalam Upacara HJS ke-440, Bupati Sumarwan beserta jajaran langsung bertolak untuk berziarah ke makam leluhur Sumedang yang berada di daerah Dayeuhluhur Kec. Ganeas.

Categories: Kabupaten Sumedang,Priangan,Uncategorized