Presiden RI Apresiasi Cepatnya Pembangunan BIJB

MAJALENGKA, eljabar.com,- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengunjungi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Selasa (17/4/2018).

Kedatangan presiden yang karib disapa Jokowi itu guna melaksanakan pengecekan tahapan pembangunan BIJB.

Untuk pengamanan kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, diterjunkan 919 personel yang terdiri dari 604 TNI, 150 Polri, 75 Sat Pol PP, 75 petugas Dishub, 10 petugas pemadam kebakaran, 10 orang dari PMI dan dinas kesehatan dan 15 personel Kominda.

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan kerja Jokowi, antara lain Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Dirut AP II, Alaudin, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Direktur Utama PT BIJB Dimas Virda, Kadishub Jabar H. Dedi Taufik, Kepala Biro Sarana Perekonomian Jawa Barat, Drs. H Muhamad Arifin, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Very Sudianto Sudin, Bupati Majalengka DR. H Sutrisno SE., M.Si, Dandim 0617/Majalengka Letkol Arm Novi Herdian SH., MH, Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad, Danlanud S Sukani, Letkol Nav Wahyu Bintoro, Jajaran Komisaris PT. BIJB serta para hadirin sekitar 200 orang.

Pukul 14.35 wib presiden beserta rombongan landing di Avron BIJB menggunakan tiga pesawat Helly Super Fuma.

Presiden lantas memasuki lantai 1 terminal utama BIJB) dilanjutkan menerima presentasi dari Dirut PT. BIJB Dimas Virda tentang progres pembangunan BIJB. Presiden RI beserta rombongan lalu menuju lantai 2 terminal utama BIJB. Setelah itu, presiden meninjau kedatangan domestik.

Tepat pukul 15.10 wib, peninjauan di terminal utama BIJB selesai dilanjutkan dengan foto bersama.

Presiden ingin BIJB bisa menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

“Yang jelas apa, saya kira pengembangan di sekitar bandara sebagai titik pertumbuhan ekonomi baru juga akan kelihatan,” kata Jokowi dikutip dari Antaranews.

Ia mengatakan pengembangan sentra-sentra ekonomi di sekitar bandara akan dilakukan setelah pembangunan bandara itu harus rampung sesuai target. “Ya (itu) nanti tahapan kedua. Ini ngerampungi ini dulu,” katanya.

Presiden mengapresiasi cepatnya proses pembangunan bandara itu, yang penancapan tiang pancang pertamanya dia lakukan pada Januari 2016 dan sekarang 95 persen pembangunannya sudah rampung.

Bandara yang akan melayani penerbangan komersial umum dan haji itu dibangun di lahan seluas 1.800 hektare dengan aero city seluas 3.200 hektare.

Pembangunan Kertajati Aero City mencakup pembangunan zona industri dan pergudangan; zona pelayanan umum dan sosial; zona perkantoran, perdagangan, dan jasa; zona perumahan; zona ruang terbuka hijau; zona ruang terbuka biru; zona campuran, dan marga jalan.

Untuk menunjang akses menuju Bandara Kertajati, saat ini sedang dibangun ‎ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalan bebas hambatan ini ditargetkan sudah bisa digunakan tahun 2019. Sementara pengendara yang hendak menuju Bandara Kertajati bisa memanfaatkan tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Rencananya, pukul 19.30 wib ini Presiden Jokowi akan datang di acara peringatan hari lahir ke 58 PMII di Sabuga, Bandung.

(boni)

Categories: Nasional