Polres Sumedang Gelar Acara Kenal Pamit antara Kapolres Sumedang yang baru

sumedang,eljabar.com– Setelah tepatnya pada Jumat, 20 April 2018 dilakukan serah terima jabatan Kapolres Sumedang di Mako Satuan Brimob Polda Jabar oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, maka hari Senin, (23/4/2018) ini, bertempat di Graha Asia Plasa Sumedang dilakukan pula Kenal Pamit antara Kapolres Sumedang yang baru yakni AKBP Hartoyo,S.IK,M.H, dengan Kapolres Sumedang lama, AKBP Hari Brata, S.IK.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Pjs Bupati Sumedang, Sumarwan Hadisoemarto beserta unsur Forkopimda lainnya, beberapa Kepala SKPD termasuk para Camat, serta para undangan dari berbagai tokoh seperti Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat.

 

Tak ketinggalan, para Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang pun tampak turut menghadiri acara saat itu.

 

Ketika menyampaikan pamitannya, Hari Brata yang dialihtugaskan menjadi Wakil Direktur Krimsus Polda Jabar mengatakan, setelah tercatat sebelas bulan berada di Kab. Sumedang sebagai Kapolres, dirinya merasakan kesan yang sangat dalam.

 

Pasalnya, diakui Hari, Sumedang adalah satu daerah yang memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Di Kab. Sumedang juga dirinya terbilang berhasil menyelesaikan beberapa kasus Kamtibmas yang terjadi di wilayahnya, mulai dari persoalan Ojek Online hingga Miras Oplosan.

 

“Untuk itu, saya secara pribadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Sumedang, atas bantuan dan dukungannya selama ini sehingga Kab. Sumedang tetap berada dalam situasi yang kondusif,” ujar Hari.

 

Berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak khususnya Pilkada di Kab. Sumedang, dirinya juga berpesan kepada segenap elemen masyarakat Sumedang agar tetap mempertahankan kondusifitas wilayah.

 

“Pilkada sudah di depan mata, karena pada tanggal 27 Juni mendatang kita akan melaksanakan pesta demokrasi, yakni memilih Bupati dan Wakil Bupati Sumedang. Saya berpesan kepada segenap elemen masyarakat walaupun saya sudah berpindah tugas, mohon tetap bantuannya, support terus Polri khususnya Polres Sumedang, agar wilayah Kamtibmas di wilayah Sumedang dalam tahun kontestasi politik saat ini tetap aman dan kondusif. Bila aman dan kondusif, maka semua akan jadi nyaman,” sambungnya.

 

Penyataan Hari saat itu langsung ditanggapi oleh Kapolres Sumedang yang baru, Hartoyo, dengan mengatakan kalau kondisi Kab. Sumedang yang sedang menyongsong Pilkada, termasuk adanya agenda pesta demokrasi Pemilu tahun berikutnya, dianggap sebuah tantangan bagi dirinya sebagai Kapolres Sumedang.

 

“Ada yg bilang saya menjadi Kapolres Sumedang itu salah waktu karena memang saat ini merupakan tahun politik. Tapi hal itu tidak jadi masalah dan saya anggap merupakan sebuah tantangan,” paparnya.

 

Namun demikian, dirinya juga mengharapkan adanya sinergitas yang terjalin dengan baik dengan berbagai elemen yang ada di Kab. Sumedang, sehingga hal itu akan membantu dirinya selaju penanggungjawab Kamtibmas di Sumedang.

 

“Sebagai orang baru, saya tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan semua pihak yang ada disini. Sinergitas yang paling saya harapkan utamanya dari berbagai tokoh di wilayah kab. Sumedang, karena sesungguhnya tanggung jawab saya sebagai Kapolres tidak dapat saya laksanakan tanpa adanya dukungan,”tandasnya.

 

Sementara itu, Pjs Bupati Sumedang, Sumarwan, mengatakan, terkait kegiatan kenal pamit yang diikutinya saat itu esensinya adalah yang datang akan membawa harapan, dan yang pergi akan membawa kesan.

 

“Pada intinya, kita sangat berbahagia sekaligus bangga karena telah dipimpin oleh Pak Hari (Brata) yang telah memberikan suasana kondusif selama menjabat Kapolres Sumedang. Untuk itu, saya bersama segenap masyarakat Kab. Sumedang mengucapkan terima kasih karena berkatnya pula kita dapat hidup tenang dan nyaman di Sumedang,” kata Sumarwan.

 

Sumarwan juga berharap, dengan datangnya Hartoyo sebagai Kapolres Sumedang yang baru, suasana kondusif di kabupaten yang Ia pimpin dapat terus meningkat.

 

“Saya ucapkan selamat datang pula kepada AKBP Hartoyo beserta keluarga di Kab. Sumedang. Harapannya, tentu suasana kondusif di sini (Sumedang) dapat terus ditingkatkan, mengingat selama dua tahun ke depan Sumedang akan menghadapi pesta demokrasi, yaitu Pilkada dan Pemilu Legislatif,” pungkasnya.

 

Sebelum ditutup dengan acara ramah tamah, acara saat itu diisi oleh pemberian cinderamata dari Bupati beserta Forkopimda dan jajaran lainnya sebagai tawis kadeudeuh, yang diterima oleh AKBP Hari Brata beserta istri.

Categories: Olahraga