Atraksi Seniman Dan Budayawan Warnai HJS Ke 440

Sebagai bagian dari berbagai acara yang telah diselenggarakan sebelumnya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sumedang (HJS) ke-440 tahun 2018, Malam Resepsi HJS pun dihelat di depan Alun-alun Sumedang, Sabtu, (28/4/2018).

 

Tampak hadir Pjs Bupati Sumedang, Sumarwan Hadisoemarto bersama jajaran unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Sumedang lainnya dan Plt Sekretaris Daerah Sanusi Mawi, beserta beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kab. Sumedang dan masyarakat Sumedang yang turut pula menyaksikan acara yang digelar di sabtu malam tersebut.

 

Pada acara yang diisi oleh berbagai pertunjukan dari para Seniman dan Budayawan Sumedang saat itu seperti halnya pertunjukan seni tradisional Tarawangsa, Pjs Bupati Sumarwan mengungkapkan bahwa memang telah banyak agenda kegiatan yang telah dilaksanakan guna memeriahkan HJS tahun ini.

 

Bahkan, saking banyaknya agenda kegiatan, diakui pula dirinya tidak bisa hadir dalam seluruh acara yang diselenggarakan.

 

“Pada HJS kali ini memang kita melalui panitia HJS yang telah dibentuk sebelumnya telah banyak membuat acara guna pemeriahannya (HJS), dan bahkan banyak juga kegiatan yang tidak termonitor oleh saya,” ujarnya.

 

Sumarwan pun menyampaikan harapannya, apabila dari rangkaian acara yang terselenggara, beberapa diantaranya dapat dijadikan sebagai agenda tahunan.

 

“Mudah-mudahan, dari sekian banyak acara yang telah berhasil dilaksanakan, ada beberapa diantaranya yang dapat kita jadikan sebagai agenda tahunan, seperti halnya saja acara Renggong Inohong,” tutur Sumarwan.

 

Dia meyakini, apabila pagelaran semacam Renggong Inohong dijadikan agenda tahunan tetap di Kab. Sumedang, hal tersebut lambat laun akan menarik perhatian masyarakat, baik dari dalam maupun luar Sumedang bahkan Mancanegara.

 

“Apabila Renggong Inohong ini dapat lebih kita kembangkan dan kita besarkan, maka harapannya ini (Renggong Inohong) dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke sini (Sumedang), tentu perlu adanya penyempurnaan pada penyelenggaraannya,” sambungnya.

 

Sementara itu, Dicky Rubiana selaku Ketua Panitia HJS ke-440 mengatakan, berangkat dari tema HJS kali ini yaitu ‘Sumedang Mengundang’, memang sedianya pada saat pagelaran Renggong Inohong beberapa waktu lalu, memiliki konsep yakni mengundang para Inohong termasuk para Kepala Daerah se-Jabar.

 

Namun demikian, keinginan tersebut harus tertunda karena terdapatnya kendala teknis dimana adanya keterlambatan dalam hal pemberian undangan yang ditujukan bagi para Kepala Daerah tetangga.

 

“Tadinya, dalam pelaksanaan Renggong Inohong kita ingin menghadirkan seluruh Kepala Daerah se-Jabar, namun kami mohon maaf tidak bisa merealisasikan hal tersebut karena memang waktunya yang mepet sehingga tidak seluruh undangan dapat kita sampaikan,” terang Dicky.

 

Kendati demikian, dirinya memandang pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka HJS ke-440 saat ini terbilang sukses, dan terbukti mampu menyedot animo masyarakat Sumedang untuk turut larut dalam setiap acara yang terselenggara.

 

“Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta mendukung dan mensukseskan seluruh acara yang digelar. Tak lupa kami selaku panitia HJS ke-440 mengucapkan terima kasih juga kepada para partisipan HJS, sehingga kita dapat menyelenggarakan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,” imbuhnya.

 

Terkait kegiatan Malam Resepsi yang diselenggarakan saat itu, selain diisi oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya khas Sumedang, dalam kesempatan tersebut juga diisi oleh penyerahan berbagai penghargaan untuk para partisipan, penyerahan penghargaan kejuaraan Pasanggiri Biantara Sunda serta penyerahan penghargaan bagi pemenang Lomba Foto Instagram HJS ke-440.(Abas)

Categories: Seni Budaya