Cita-cita Ingin Menjadi Pramugari Akhirnya Usaha Catering Sukses

BANDUNG, eljabar.com — Keinginan dan tekad kuat menjadi modal untuk mewujudkan cita-citanya. Januar Farida (26), yang semula bercita cita ingin menjadi pramugari hingga sekolah pun sekolah pramugari dengan impian bisa keliling dunia. Akhirnya banting stir menjadi seorang pengusaha catering termuda. Ia menyebut nama usaha cateringnya Entong Mas bertempat di Pandega marga 1 no 432, Manggung Caturtunggal Depok Sleman, Yogyakarta.

Cita-cita Ingin Menjadi Pramugari Akhirnya Usaha Catering Sukses (1)Selain itu juga ia yang menikah dalam usia muda dengan Anggia Fajar Kurniadi (36), memiliki konsep niaganya mandiri tidak bekerja pada orang lain. Suaminya juga banting stir dari seorang personil band kini fokus pada usaha sendiri yang dibangun bersama.

Januar Farida alias Ny. Angga Fajar Kurniadi yang telah dipercaya Allah SWT seorang putri yang kini berusia 7 tahun, Asmira Carlynda Nuzula tidak hanya bekutat sekitar yang sudah diperolehnya, namun ia tetap menimba ilmu dari pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar.

“Pengalaman memang guru terbaik tetapi karena perkembangan zaman yang super cepat, ilmu-ilmu pun wajib diperoleh agar usaha catering Entong Mas lebih berkembang lagi dan itu telah kami rasakan manfaatnya. Semula usaha catering ini harian jadi industri yang kini memiliki 12 karyawan tetap dan banyak pula yang freelance,” ucap Ny. Anggia dengan penuh keyakinan dan percaya diri.

Ia menggambarkan asal mula usaha yang dimulai dengan usaha laundry. Padahal usaha ini sudah mendapat kepercayaan dari para pengguna jasanya ini sehingga bisa berkembang. Namun,  nasib berkata lain. Ia putarbalikan menjadi usaha catering.

Menyinggung tentang perizinan, Januar Farida menyatakan, usaha industri catering ini memiliki perizinan lengkap. “Kami harus patuh pada peraturan yang sudah ditetapkan Pemerintah. Dengan demikian usaha kami tenang karena ingin berkembang.

Perkembangan usaha cateringnya ini dilakukan dengan berbagai upaya pendekatan. Upaya-upaya ini dilakukan dengan meloby karyawan-karyawan bank, kemudian meloby ke kantor-kantor besar dan pabrik-pabrik. “Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ucap Januar yang saat ini tetap menjadi anggota APJI (Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia) DPC Kab. Sleman.

Selain itu, ia memohon kepada Allah SWT agar usaha ini dapat lebih berkembang dengan harapan tetangga sekitar rumah yang selalu mendorong usaha catering ini berkembang telah dikabulkan oleh Allah. Mereka yang tak memiliki pekerjaan dapat ditampung.

“Alhamdulillah kami dapat menampung mereka. Bukan itu saja, kami pun dapat berbagi rejeki. Panti asuhan selalu mendapat makanan, demikian pula kami dapat membagi rejeki kepada tetangga terdekat, kata Ny. Anggia Fajar Kurniadi mengakhiri obrolannya di Hotel Hemangini Jl. Setiabudhi Bandung saat kunjungannya ke Kota Bandung dalam rangka studi banding APJI Kab. Sleman, selasa lalu, 8 Mei 2018. (Elly S)

Categories: Nasional