Makom Albab Terbentuk untuk Membawa Kebaikan Bagi Seluruh Umat

SUMEDANG, eljabar.com — Ratusan Alumni Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon se- Kab. Sumedang hadiri Silaturrahmi Akbar dan pembentukan pengurus Majelis Komunikasi Alumni Babakan (Makom Albab) Cabang Sumedang di Aula Pondok Pesantren Al Ma’mun Dusun Gunung Datar Desa Guntur Mekar Kec. Tanjungkerta, Minggu (13/5/2018).

Makom Albab Membawa Kebaikan Bagi Seluruh Umat (2)
Ketua Makom Albab Pusat, AKBP Juhana Zulfan.

Ketua Makom Albab Pusat AKBP Juhana Zulfan yang juga salahsatu pejabat di Mapolda Jawa Barat (Jabar) mengatakan, terbentuknya kepengerusan Makom Albab Cabang Sumedang berdasarkan pertemuan musyawarah pertama di Babakan Ciwaringin Cirebon pada 26 Maret 2016 lalu.

“Kami memiliki program sesuai amanat dari hasil musyawarah pertama yakni, akan membentuk cabang cabang dan kini sudah terdapat 12 cabang Makom Albab di Jawa Barat selanjutnya, akan dibentuk di Yogya, Gorontalo hingga ke Riyadh,” ujarnya.

“Untuk cabang Sumedang sendiri, jumlah yang tercatat sebagai anggota Makom Albab sekira lebih dari 200 orang, berasal dari berbagai Kecamatan di Sumedang,” ucapnya.

Tak hanya itu, Sambung Zulfan, kegiatan Silaturrahmi Akbar yang mengusung tema, Menguatkan Ukhuwah Wathoniyyah dan Islamiyyah dalam Bingkai NKRI itu, pihaknya berharap, akan terjalin silaturrahmi yang tidak terputus antara masayikh dan para alumni.

“Makom Albab tebentuk bukan hanya sekedar menjadi komunitas biasa Tapi, ada sesuatu yang harus diperjuangkan baik dalam aspek ekonomi maupun hal lainnnya yang dapat membawa kebaikan bagi seluruh anggota alumni, pesantren, santri maupun masyarakat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Ia menambahkan, setiap kegiatan silaturrahmi akan digali sejumlah potensi dan aspirasi dari anggota Makom Albab selanjutnya, akan di realisasikan secara bersama sama.

“Umur pesantren Babakan Ciwaringin sudah 300 tahun sehingga, keberadaan para alumni hampir berada disetiap pelosok nusantara. para alumni babakan pun ada dari berbagai profesi, instansi dan pejabat negara  salahsatunya, yang kini tengah menjabat sebagai Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Prof. Dr. Ermaya Suradinata dan banyak yang lainnya,” katanya. (Abas)

Categories: Uncategorized