OISCA International Collage Foundation

OISCA International Collage Foundation (2)SUMEDANG, eljabar.com — Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, S.H., M.H., M.S secara langsung meghadiri kerja sama yang dilakukan dengan OISCA Collage Foundation Jepang, Senin (14/05/2018) di Gedung VVIP Kampus IPDN Jatinangor. Kerjasama ini berkenaan dengan pelatihan pertanian terpadu bagi praja IPDN. Pihak OISCA dihadiri langsung oleh Toshihiro Nakano selaku Chairman OISCA dan Yunoshin Kuroda selaku Direktur Pelaksana turut hadir didampingi 6 orang lainnya. Penandatangannan yang dilangsungkan pada pukul 09.00 WIB merupakan kerjasama secara kelembagaan guna peningkatan dan pengembangan pengetahuan bagi praja IPDN di bidang pertanian terpadu.

OISCA International Collage Foundation (2)Pelaksananaan pelatihan ini dilaksanakan pada lahan IPDN seluas 3 (tiga) ha yang penggunaannya diatur sesuai dengan bidang pelatihan yang diperlukan dengan mengacu kepada kurikulum pelatihan yang berlaku.

OISCA sendiri menyediakan tenaga ahli sebagai tenaga pelatih pada pelatihan yang nanti akan dilaksanakan setelah penandatanganan kerja sama dan MoU ini. “Hari ini bertepatan dengan 60 tahun kerja sama Diplomatik antara Indonesia dan Jepang. Kami (OISCA) bergerak di bidang pertanian dan lingkungan. Disini kami bermaksud melaksanakan kerjasama untuk memanfaatkan lahan untuk praja IPDN. Ini merupakan kali pertama kami melakukan kerjasama dengan IPDN. Jika ada sesuatu yang perlu dibantu, silahkan sampaikan, dengan senang hati akan kami bantu”, ujar chairmanOISCA yang dibantu penterjemah dalam penyampaiannya.

OISCA International Collage Foundation (1)OISCA pun akan membantu praja IPDN dalam hal pemberian informasi dan pengetahuan mengenai pertanian terpadu, berupa pertanian tipe siklus karbon-PTSK (Pertanian Tanpa Insektisida/Pupuk Kimia). Selain itu, pada kesempatan ini pihak OISCA telah menyampaikan modul kegiatan pelatihan pertanian terpadu sebagai pedoman pembelajaran pada kegiatan pembelajaran pelatihan praja.

“Selamat datang dan terima kasih telah hadir di Kampus IPDN ini. Mungkin nanti kedepannya dengan adanya kerjasama ini, kita bisa memperluas bentuk-bentuk kerjasama lainnya. Kita mungkin bisa bekerja sama dengan OISCA, bantu kami untuk berkunjung kesana. Nanti lecturer kita dan praja bisa berkunjung kesana untuk menambah wawasan dan pengetahuannya”, ujar Rektor IPDN menyambut hangat kunjungan tamu dari Jepang ini. (Abas)

Categories: Nasional