Berantas Narkoba, Ratusan Prajurit Kodim Sumedang Jalani Tes Urine

Laporan : Kiki Andriana

SUMEDANG, eljabar.com — Sedikitnya ratusan anggota Komando Distrik Militer 0610/ Sumedang mengikuti tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumedang, di Makodim 0610/ Sumedang, Selasa (15/5/2018).

Menciptakan suasana bebas narkoba dilingkungan Kodim 0610 Sumedang, ratusan prajurit TNI menjalani tes urine, di Makodim 0610 Sumedang, Selasa (15/5/2018).
Menciptakan suasana bebas narkoba dilingkungan Kodim 0610 Sumedang, ratusan prajurit TNI menjalani tes urine, di Makodim 0610 Sumedang, Selasa (15/5/2018).

Sementara itu, Komandan Distrik Militer 0610/ Sumedang, Letkol Arm I Made Mertha yasa mengatakan kegiatan tes urine bagi anggota kodim 0610/ Sumedang merupakan program rutin yang digelar setiap tiga bulan sekali, yang dimana seluruh anggota harus menjalani tes urine tersebut tanpa pengecualian.

”Kegiatan ini untuk mengantisipasi peredaran dan penggunaan narkotika dilingkungan kodim 0610/ Sumedang ini sudah menjadi agenda rutin kami dan bertujuan untuk membebaskan prajurit dari narkotika” tuturnya kepada eljabar.com saat ditemui di Makodim Sumedang.

Dandim menambahkan, pihaknya megatakan tidak akan memberikan toleransi bagi prajurit yang terbukti terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran narkotika,“ tegasnya.

Prajurit TNI dan PNS yang ikut dalam tes urine ada sekitar 250 orang,jika ada yang terlibat dan menggunakan narkoba langsung diberikan sanksi yang tegas,kami tidak main main dengan penyalahguna dan pengedar narkotika,” kata dia.

Ditambahkan Dandim, Kepala BNNK Sumedang telah berkoordinasi dengan Kodim 0610/ Sumedang untuk melakukan tes urine terhadap ratusan angota TNI dan PNS tersebut, bahkan , lanjut Dandim, untuk menciptakan lingkungan Kodim yang bebas dari narkoba, pihaknya akan melakukan tes urine setiap tiga bulan sekali sesuai permintaan Dandim.

“Seluruh lapisan menyatakan kesiapan untuk memerangi narkoba di sumedang,kali ini BNNK melakukan tes urine terhadap ratusan anggota kodim 0610/smd,sedangkan hasilnya negatif tidak ada yang menggunakan narkoba,” katanya.

Ditambahkannya, pihaknya menghimbau warga Sumedang untuk berperan aktif dalam memerangi dan mempersempit ruang gerak pengguna dan pengedar narkoba di wilayah dengan cara melapor ketika mendapati peredaran narkoba di wilayahnya masing masing. “Ini tugas bersama,tidak hanya aparat terkait, tapi menjadi tanggung jawab bersama,agar sumedang bebas narkoba,” ujarnya. (*)

Categories: Uncategorized