Kang Emil: Banyak Warga Jabar yang Terjerat Oleh “Rentenir”

Laporan : Kiki Andriana

SUMEDANG, eljabar.com – Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil , jika terpilih, pihaknya bertekad akan menggulirkan program kredit MESRA (Mesjid Sejahtera).

Foto diambil saat Ridwan Kamil melakukan buka puasa bersama masyarakat Desa Cipacing. Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (11/6/2018).
Foto diambil saat Ridwan Kamil melakukan buka puasa bersama masyarakat Desa Cipacing. Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (11/6/2018).

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan program ini syaratnya gampang, masyarakat tinggal datang ke Mesjid dan meminta surat rekomendasi dari DKM (Dewan Kemakmuran Mesjid).

“Masyarakat akan diberikan kredit sebesar 1 jt hingga 30 jt, itupun tanpa bunga dan tanpa anggunan, syaratnya mudah, masyarakat yang getol ibadah, ” kata Ridwan Kamil kepada sejumlah wartawan saat ditemui usai berbuka puasa bersama warga Desa Cipacing, Kec.Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (11/6/2018) petang.

Menurut Kang Emil (Sapaan akrab Ridwan Kamil) pihaknya menjelaskan, di Jawa Barat, kami melakukan survey, hasil survey bahwa pemasalahan masyarakat Jawa Barat adalah masalah ekonomi,pengangguran dan daya beli, setelah kita melakukan survey lebih mendalam ternyata bahwa banyak masyarakat Jawa Barat yang terjerat oleh rentenir, nah kami pasangan Rindu ( Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum) memiliki program Mesra, yang dimana warga cukup datang ke mesjid untuk beribadah dan pulang dari Mesjid, maayarakat mendapatkan rekomendasi dari DKM. ” kata Emil.

” Ini cara kami untuk memudahkan masalah, untuk Non Muslim ada kredit Melati, nah pertanyaannya kenapa mesti tempat ibadah, karena tempat ibadah ini jumlahnya banyak, sehingga masyarakat yang membutuhkan uang sudah tidak perlu datang lagi ke kota dan tidak perlu datang lagi ke Bank.” Masyarakat tinggal mencari Mesjid untuk beribadah dan pulang sudah mendapatkan pertolongan,” kata dia. (*)

Categories: Uncategorized