1.545 Orang Praja Siap Laksanakan PL di Subang

Sumedang,eljabar.com — Sebanyak 1.545 orang satuan muda praja siap laksanakan Praktik Lapangan (PL) di Kabupaten Subang. Pada tanggal 6,7,13,14 dan 16 Juli 2018 bertempat di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor dilaksanakan acara Pembekalan Kegiatan PL I IPDN. Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan awal dilaksanakannya PL I yang akan dilakukan pada tanggal 17-30 Juli 2018 di Kabupaten Subang. Jumlah satuan muda praja yang akan melaksanakan PL yakni sebanyak 1.545 orang dengan rincian 979 orang praja putra, 566 orang praja putri dan 118 orang pendamping. Pendamping sendiri terdiri atas dosen, pengasuh, pelatih dan pegawai IPDN.
“Jumlah ini dikurangi 30 orang yang ditugaskan untuk melaksanakan PL di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur”, ujar Eny Dwi Septina, S.STP selaku Kepala Bagian Pelatihan IPDN. Di Kabupaten Subang sendiri, PL dilaksanakan di 13 Kecamatan dan 78 Desa dengan masing-masing desa terdiri atas 18-20 orang praja. Bertindak sebagai narasumber acara pembekalan PL I yakni Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatin, S.E, Yaya Effendi, Dr. Ir. Yanto Subiyanti, M.E, Kabag Pemerintahan Drs. Nana Mulyana, S.TP., M.Si dan Asisten Daerah I Kabupaten Subang Bambang Suhendar, S.IP., M.Si.
Kegiatan PL I ini bertujuan sebagai wujud implementasi Tridarma Perguruan Tinggi khususnya darma pengabdian kepada masyarakat. Tujuan lainnya yakni diharapkan praja mengetahui dan mempelajari pemerintahan dalam tingkat kabupaten dan kota. Program umum yang dilaksanakan dalam PL ini yakni melaksanakan administrasi desa, peraturan desa, pembuatan website dan profile desa serta lain sebagainya. Sedangkan program khusus PL ini yakni pembenahan sarana dan prasarana desa, salah satunya yakni perbaikan rutilahu (rumah tidak laya huni) yang akan dilakukan oleh praja IPDN. Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Politik Pemerintahan, Taslim Djafar, S.STP., M.Si dalam sambutannya mewakili Rektor IPDN menyampaikan pesan kepada para praja IPDN yang akan melaksanakan PL untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan dimana mereka melakukan PL. (Abas)

Categories: Kabupaten Sumedang,Priangan