Tak Ada SOP, Marak Oknum Pejabat Jadi Raja Kecil di Disdik Kab. Bandung

KAB. BANDUNG, eljabar.com,- Hampir setiap lembaga yang ada di Indonesia, bahkan dunia memiliki Standard Oprating Procedur – Standar Operasional Prosedur (SOP). Dalam intansi pemerintahan, SOP berfungsi untuk memudahkan para pegawai pemerintah tersebut bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Dalam dunia perusahaan dan industri, SOP sangat dibutuhkan supaya setiap karyawan, kepala bagian dan pimpinan peusahaan megetahui arah dan tujuan yang hendak dicapai. Aalagi di dunia pendidikan, SOP sangat dibutuhkan.

Di Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Bandung, Jawa Barat, diduga lantaran tak ada SOP, banyak oknum pejabat jadi raja kecil, segala urusan mesti pakai uang.

Sumber terpercaya mengungkapkan, Disdik Kab. Bandung ibarat tidak ada SOP, buktinya banyak oknum pejabat diduga melacurkan diri jadi pelaku pungli dana bantuan untuk sekolah.

“Segala sesuatu proses menjadi jembatan memperkaya diri. Intinya, ujung-ujungnya duit. Dan kelompok ini ibarat jadi raja kecil,” ucapnya.

Lebih lanjut sumber mamaparkan, sebenarnya SOP yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula.

“Jika sekarang Anda bekerja sebagai karyawan, PNS, pendidik, staf, pejabat dan sebagainya, sebaiknya mengusai SOP agar kinerja sesuai dengan yang diharapkan,” ujar sumber.

ASY

Categories: Uncategorized