Ketua Porikan Kab Bandung Canangkan Gemarikan

Dilakukan Juga Penyerahan Gerobag Jajanan Sehat

KAB. BANDUNG, eljabar.com,- Ketua Porikan Kabupaten Bandung, Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser mencanangkan gerakan masyarakat memakan ikan (gemarikan) sekaligus menyerahkan 8 gerobak jajanan sehat kepada 8 SMP Negeri, Kamis (26/7/2018).

Pencanangan gemarikan dan penyerahan gerobak bersama Kadisdik Kab. Bandung DR. H. Juhana M.M.Pd., Kadis Peternakan dan Perikanan (Pakan) Kab. Bandung Ir. Dadang Hermawan, Komisi DPRD Kab. Bandung Cecep Suhendar M.Si., Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, Muspika Cicalengka, para Kepala SMPN, Kepala UPT TK, SD dan Non Formal, siswa SD dan siswa SMPN 1 Cicalengka.

Acara yang diselenggarakan di halaman SMPN 1 Cicalengka ini dimeriahkan hiburan musik buhun, karinding atau celempung dan tari merak dari siswa SMPN 1 Cicalengka.

Hj. Kurnia Dadang M. Naser saat dikonfirmasi eljabar.com memaparkan, gemarikan yang diusung oleh Kadis Pakan dan Disdik Kab. Bandung ini merupakan momentum yang sangat baik.

“Momen seperti tentunya jangan disia-siakan. Saya apresiasi, SMPN 1 Cicalengka lingkunganya hijau dan bersih, sehingga tepat untuk acara louncing gemarikan serta pemberian gerobag jajanan sehat,” tuturnya.

Kurnia mengajak ibu-ibu untuk memilih ikan yang segar dan gemar mengkonsumsi ikan upaya sehat.

“Seperti kita ketahui, ikan mengandung omega 3, baik untuk pertumbuhan otak dan banyak manfaat untuk kesehatan,” ujarnya.

IMG_26072018_194654_(400_x_200_pixel)
Sementara itu, Cecep mengatakan, Kab. Bandung memiliki visi maju mandiri dan berdaya saing.

“Artinya sumber daya manusianya harus pintar dan kesehatan itu sumbernya dari makan ikan yang memiliki omega 3 dan protein tingggi sehingga memberikan kecerdasan pada otak. Jadi gemar ikan itu sangat baik, harus disosialisasikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan H. Juhana mengatakan, bantuan gerobag jajanan sehat dapat mengedukasi kantin sekolah agar menjajakan makanan sehat, bergizi, berprotein untuk anak-anak.

“Sekedar meningkatkan, partisipasi dan makan ikan baik guna pertumbuhan dan kecedasan anak. Selain itu, ada juga pembagian ikan untuk 300 orang siswa SD,” imbuh dia.

Di momen yang sama, Dadang menyampaikan, yang diberi batuan gerobag jajanan sehat lengkap terdapat 8 sekolah. Yakni SMPN 1 Nagreg, SMPN 1 Cicalengka, SMPN 2 Cileunyi, SMPN 1 Majalaya, SMPN 1 Ciparay, SMPN 1 Cangkuang, SMPN 2 Rancabli dan SMPN 1 Paseh.

“Untuk olahan jajanan, nanti akan dipasok bahan bakunya secara cuma-cuma. Kedepanya kantin dikelola untuk usaha,” ucap Dadang. ASY

Categories: Uncategorized