Lubang Pembuangan Limbah Dibuka, PT Gucci Ratu Textile ber-MoU Dengan Dansektor 21

CIMAHI, eljabar.com — Lubang saluran pembuangan limbah PT Gucci Ratu Textile yang berlokasi di Jalan Cibaligo, Kota Cimahi akhirnya dibuka kembali oleh Satgas Sektor 21. Keputusan pembukaan ini berdasarkan pembenahan IPAL yang sudah ditunjukkan oleh pihak perusahaan dan mengambil sampel limbah akhir di titik outfall pengolahan limbah sebelum dibuang ke sungai Cibaligo, Cimahi, Senin (06/08/2018).

Andreas Wijaya selaku Direksi PT Gucci Ratu Textile mengatakan bahwa sebelum anggota satgas menemukan limbah tak sesuai pada dua minggu lalu (19/7), pihak pabrik sedang menyelesaikan perbaikan IPAL. “Perbaikan IPAL dilakukan sejak sebelum lebaran, tapi karena sesuatu hal target waktu penyelesaian sedikit meleset dari perkiraan,” ungkapnya.

“Beberapa perbaikan seperti penambahan kapasitas Airasi, dan penambahan bakteri di outlet biologi serta penambahan lahan pada sisa lumpur limbah,” terangnya.

“Untuk kedepan, kami sudah menyiapkan penambahan kapasitas pengolahan biologi dengan menyediakan tabung Un Aeroof agar limbah yang dikeluarkan jauh lebih baik,” yakinnya.

Sementara, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat mengungkapkan apresiasi terhadap manajemen pabrik karena sudah melakukan percepatan pembenahan IPAL di pabriknya. “Setelah mengecek dan mengambil sampel dengan melihat hasil tes PtCo dan TSS nya sudah dibawah baku mutu,” ujarnya.

“Dan parameter sederhana saya, diujung saluran terdapat kolam yang ditanami ikan yang rentan, seperti ikan mas atau koi,” tuturnya.

Meski sudah menunjukkan pembenahan dan hasil limbah jauh lebih baik dari sebelumnya, Dansektor 21 meminta pihak perusahaan untuk membuat surat pernyataan komitmen bersama (MoU) yang ditandatangi oleh Penanggung jawab perusahaan dan Komandan Sektor 21. *rie

Categories: Nasional