Sumedang Punya Cerita, Sambut HUT RI Ke – 73, ” 3000 Meter Bendera Dibentangkan

Laporan : Kiki Andriana/abas
SUMEDANG, eljabar.com – Tujuh hari menjelang perayaan HUT RI Ke – 73 Kodim 0610/Sumedang, Yonif 301 R, Polres Sumedang dan Pemkab Sumedang menggelar aksi pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 3.000 Meter di sepanjang Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (10/08/2018)
Menurut pantauan kami di lokasi, Selain dihadiri oleh Dandim 0610 Sumedang, pembentangan bendera tersebut pun dihadiri oleh Bupati Sumedang Sumarwan, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo.
” Pembentangan bendera merah putih sepanjang 3000 meter ini melibatkan sedikitnya 700 personel, yakni dari TNI (Kodim 0610/Sumedang dan Yonif 301 R), Jajaran Polres Sumedang dan Pemda Kabupaten Sumedang.

photostudio_1533876821446

 
” Ini sebagai wujud sinergitas TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah Sumedang dalam menyambut peringatan HUT RI ke-73, ” tutur Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arm I Made Mertha Yasa kepada sejumlah wartawan di lokasi.

Mereka, dikatakan Dandim, bahu-membahu menarik bendera hingga panjangnya 3.000 meter dalam rangka mensyukuri kemerdekaan bangsa Indonesia yang waktu dekat ini akan diperingati secara serentak diseluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Sumedang, ” kata Dandim.

Selain itu, lanjut Made, kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan Sumedang yang pada saat penjajahan kolonial Belanda dijadikan romusa atau kerja paksa oleh kolonial dalam membuka jalan sepanjang cadas pangeran yang menelan banyak korban jiwa dari rakyat Sumedang.

Kenapa pembentangan bendera tersebut dilaksanakan di jalan cadas pangeran?, ” Karena Cadas Pangeran merupakan icon Kabupaten Sumedang, ” Kita sebagai generasi penerus para pahlawan mengucapkan terimakasih kepada para pahlawan sehingga jalan cadas pangeran ini merupakan jalan bukti sejarah perjuangan rakyat Sumedang, ” terangnya (*)

Categories: Kabupaten Sumedang,Priangan