Pendidikan Sehat dan Cerdas Ala SDN Cibeusi

SUMEDANG, eljabar.com,- Sekolah tidak hanya menjadi tempat menimba ilmu, namun juga harus dijadikan lingkungan bersahabat bagi siswa. Karena dengan lingkungan sehat, kegiatan di sekolah bakal berjalan dengan sangat baik.

Demikian diungkapkan kepala SDN Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Sumesang, Jeje, S.Pd. Dirinya selalu mengutamakan lingkungan bersih, nyaman dan asri demi mewujudkan hidup sehat di sekolah.

“Dengan hidup sehat, pikiran jernih tentu otak menjadi cerdas. Itulah salah satu yang kami prioritaskan di sekolah untuk mencetak siswa berkualitas,” katanya.

IMG_04092018_122740_(650_x_867_pixel)

Terlebih dari itu, tuturnya, sekolah memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan anak, selain mendidiknya.

“Belum lama ini, kami mengikutsertakan peserta didik untuk ikut imunisasi. Di samping itu, siswa SDN Cibeusi juga dilatih bagaimana cara menjaga lingkungan agar tetap bersih,” ujar Jeje.

Disinggung soal keadaan umum sekolah, Jeje mangakui bahwa saat ini pihaknya kekurangan ruang kelas dan guru PNS.

“Kita hanya memiliki guru PNS 2 orang, sisanya guru sukarelawan sebanyak 22 orang. Kita tidak punya guru PNS untuk pelajaran agama dan guru olahraga,” jelasnya.

Sedangkan untuk ruangan belajar, kata dia, ada 18 lokal. Sedangkan yang digunakan hanya 14 ruang.

“Itu pun untuk ruangan kepala sekolah dan ruangan guru semuanya bersatu,” tuturnya.

Meski memiliki kekurangan, kata Jeje, dirinya dan guru lain tak pernah kendur semangat dalam mengabdi mencerdaskan anak bangsa.

Berprestasi

Berkat kegigihan kepala sekolah dan guru, SDN Cibeusi menjadi salah satu sekolah unggulan dengan deretan sejumlah prestasi. Seperti raihan juara pencak silat, renang hingga juara dua lomba tari tingkat Propinsi Jawa Barat.

TN

Categories: Pendidikan