BEKRAF Perkenalkan Kepada Dunia Keanekaragaman kopi Indonesia

BANDUNG, eljabar.com — Bekraf menyelenggarakan Roasting Workshop sebagai salah satu jadi tiga rangkaian Indonesia Coffee Promotion 2018 di Upnormal Coffee Roasters Jalan Cihampelas Bandung, Senin sore (10/9).

Acara ini dihadiri 20 peserta umum dan rencananya acara serupa juga akan diselenggarakan di Jakarta dan Jambi.

Tampil dalam acara itu penyaji tamu (guest roaster), Taylor Oliver Dinsmore dari Cave Painter Roastery Portland yang menjelaskan menyangkut proses international standard roasting.

Dengan terselenggaranya acara ini, BEKRAF ingin memperkenalkan secara langsung keanekaragaman kopi Indonesia kepada dunia melalui perwakilan ahli kopi dari luar negeri. Acara ini dapat menjadi langkah konkret pemerintah membantu pasar kopi di Indonesia.

Dalam acara itu, para peserta mendapat pemaparan mengenai international standard roasting seperti variable yang memengaruhi proses roasting seperti temperatur, gas/heat settings foor and airflow, time, drop temperatur, temperatur and humadity present in environment and coffee.

Acara pun dilanjutkan dengan demo roasting kopi oleh Taylor menggunakan mesin probat 100 gram dengan variable yang telah dipaparkan sebelumnya seperti menentukan suhu, waktu dan temperatur.

Dalam sesi cupping merupakan upaya menemukan beberapa karakter kopi yang khas dengan mencium dan menyeruput kopi yang diolah dengan tehnik khusus.

Sedangkan Daroe Handojo dari Specialy Coffee Association of Indonesia menyatakan terima kasih atas dukungan Upnormal hingga suksesnya acara ini. Melalui acara ini pula Bekraf ingin mengenalkan langsung keanekaragaman kopi Indonesia kepada dunia. (Ken)

Categories: Ekonomi