OTT di Disdukcapil Garut, Tim Saber Pungli Lakukan Pendalaman

Laporan : Kiki Andriana

GARUT, eljabar.com — Terkait kasus operasi tangkap tangan (OTT) di lingkungan Dinas Kependudukan Catatan Sipil ( Dusdukcapil)  Kabupaten Garut, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat (Jabar) masih mendalami kasus tersebut. Kasus operasi tangkap tangan di dinas pelayanan publik tersebutkini dalam pendalaman petugas.

“Masih pendalaman apakah itu kategorinya masuk pemerasan atau suap, jadi didalami dulu apakah memenuhi unsur atau tidak,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi dan Publikasi Saber Pungli Jawa Barat, M Yudi Ahadiat kepada eljabar.com melalui sambungan telepon, Kamis ( 13/9/2018).

Yudi mengatakan, Tim Saber Pungli Jabar telah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap petugas pelayanan di Disdukcapil Garut, Rabu ( 12/9/2018) sore kemarin.

“Kegiatan Saber Pungli memang ada,”  tim Saber Pungli Jabar itu dilakukan berdasarkan informasi yang diterima dari masyarakat, kemudian menindaklanjutinya hingga berhasil mengamankan beberapa orang di dinas tersebut.

Terkait identitas pihak yang diamankan termasuk barang bukti hasil operasi tersebut, Yudi mengatakan belum dapat diketahui karena masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

“Untuk barang bukti sendiri masih kita dalami, pasti ada uang, tapi saya belum bisa menjelaskan lebih jauh,” kata dia.

Keterangan sebelumnya, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyatakan ada tiga orang yang diamankan Saber Pungli Jabar yakni satu calo, satu tenaga honorer, dan satu pegawai negeri sipil (PNS) di dinas tersebut, Kemudian, lanjut Kapolres, tim Saber Pungli meminjam tempat di Markas Polres Garut untuk memeriksa orang yang diamankan dalam operasi tersebut,” sebutnya. (*)

Categories: Hukum