Mengenal Lebih Jauh Sosok Letkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol.

BANDUNG, eljabar.com — Satuan Pemeliharaan (Sathar) 13 Depo Pemeliharaan (Depohar) 10 Lanud Husein Sastranegara memiliki fungsi sebagai pemelihara alutsista di TNI Angkatan Udara, seperti pesawat terbang berat, sedang hingga helikopter.

Saat ini Sathar 13 Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara dikomandoi seorang Letnan Kolonel (Letkol) muda, cerdas dan gigih. Ia adalah Letkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Lerkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol (4)Lantas Komandan Sathar (Dansathar) 13 Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara itu mengisahkan tentang jati dirinya hingga menjadi anggota TNI.

Pria yang sudah dikaruniai satu orang putri berusia 11 tahun ini lahir di keluarga TNI. Ayah dan kakanya merupakan anggota TNI.

“Awalnya, setelah saya dinyatakan lulus di SMPN 12 Bandung, saya berangkat sendiri ke Medan, tempat kakak saya bertugas. Saya belajar kepada kakak saya bagaimana cara menjadi anggota TNI,” ucap pria kelahiran Tasikmalaya itu.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Lerkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol (2)Berkat kegigihannya dan keseriusan menjadi tentara, setelah Letkol Tek. Wawan lulus SMA ia mengikuti dan daftar sebagai anggota TNI. Pada tahun 2001 dia dinyatakan masuk taruna.

“Pada saat saya di Medan, saya ditinggalkan kakak saya karena tugas kedinaan. Saya pun daftar sebagai anggota TNI sendirian, hingga akhirnya saya lulus,” tutur suami dari Arfahunisa, asal Riau tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Lerkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol (5)Ketika resmi menjadi anggota TNI,  pilihan pertamanya adalah masuk Angkatan Darat (AD). Namun karena punya kelebihan, khususnya dibagian Psikotes, ia pun masuk Angkatan Udara (AU), rasa percaya diri dan kebanggaan pun makin membara dalam dirinya.

“Pertama tugas, saya ditempatkan di Solo, kemudian ke Depohar 10 ini, lalu ke Magelang, Timika Papua hingga sekarang kembali lagi ke Depohar 10 sebagai komandan,” ucap Letkol Tek. Wawan.

Dalam perjalanan karirnya, sosok pria kalem ini tentu banyak dihadapkan dalam segala kesulitan. Namun seiring waktu yang dibarengi kerja keras, sabar dan yakin, segala rintangan yang ia hadapi dan dilewati dengan mudah.

Ketika dirinya ditunjuk sebagai pendidik prajurit, ia pun wajib mampu mencetak prajurit handal dan berkualiatas. Saat-saat ini pun ia lalui dengan baik karena telah berhasil menjalankan misi sebagai pencetak prajurit berkualitas.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Lerkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol (8)“Sebagai satuan yang menyediakan atau pendukung di bidang pesawat, kita punya program kerja. Kita harus tahu kebutuhan pengguna pesawat TNI serta menjamin kelayakan pesawat itu sendiri. Bagaimana agar pesawat terbang dengan sempurna dan bisa bermanuver dengan baik, itu menjadi tugas kita. Intinya kita harus benar-benar mendukung kebutuhan mereka,” ungkapnya.

Untuk mendukung suksesi tugas berat tersebut, ia juga mempersiapkan prajurit dengan baik secara mental, kedisiplinan, spiritual dan intelektual.

“Saya mendidik prajurit agar tidak melakukan pelanggaran. Saya mengajak prajurit untuk giat beribadah. Salah satunya dengan mengikuti pengajian di sejumlah mesjid di sini dan berbaur dengan masyarakat,” jelasnya.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Lerkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol (7)Dalam seminggu, ia mengajak prajuritnya untuk mengikuti pengajian sebanyak 2 kali secara keliling. Selain di bidang spiritual, ia pun membentuk prajurit yang kuat secara fisik.

“Saya juga melatih prajurit dalam bela diri agar bermanfaat ketika bertugas sebagai TNI. Saya mendirikan perguruan Silat Merpati Putih. Dalam seminggu, prajurit 2 kali latihan. Itu agar mereka punya rasa percaya diri dan tidak cengeng,” ungkapnya.

Terkait fungsinya di bidang pemeliharaan, Letkol Tek. Wawan sebagai komandan juga telah banyak menorehkan prestasi.

“Kita berhasil memenuhi permintaan pengguna alutsista, termasuk menjaga kondisi pesawat agar tetap oke. Bahkan, kita berhasil mencapai raihan angka 80 persen dalam tugas. Padahal, idealnya tugas kita berhasil di angka 50 koma sekian persen. Asrtinya, kita sudah over prestasi,” jelasnya.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Lerkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol (1)Meski dia sudah menjadi orang sukses, namun ia tetap rendah hati dan ingin berbaur dengan masyarakat umum.

“Saya terus bersosialisasi dengan masyarakat, salah satunya dengan cara masuk sebuah klub mobil. Di sana saya bisa kenal dengan sejumlah tokoh di Jawa Barat,” tuturnya.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Lerkol Tek. Wawan Dharmawan, SE., MI.Pol (6)Dalam pergaulannya itu, Letkol Tek. Wawan juga bisa mengenal Ketua klub motor XTC, Brigez dan lainnya. Ia juga akrab dengan A Kiki sebagai tokoh di Suda Wani, Heri Wijaya (advokat), Michale (Panglima Laskar Merah Putih hingga seniman kawakan Jawa Barat, Doel Sumbang.

“Berkat keinginan kuat untuk bisa mengenal semua dunia, saya bisa berbaur dengan tokoh-tokoh tersebut. Saya pun tak lupa selalu menanamkan kepada mereka rasa cinta terhadap NKRI ini,” pungkasnya. *red

Categories: TNI / POLRI