Rabu, 17 Oktober 2018 Sekitar 90 Desa di Sumedang Ikuti Pilkades Serentak

SUMEDANG, eljabar.com — Tak kurang dari 90 Desa di Kabupaten Sumedang dipastikan mengikuti Pilkades serentak pada Rabu, 17 Oktober 2018 mendatang, demikian disampaikan Pj Bupati Sumedang, Sumarwan HS didampaingi Camat Jatinangor Syarif E. Badar, seusai Pelantikan Pjs Kepala Desa (Kades) Cintamulya dan Cileles di Aula kantor Kecamatan Jatinangor, Jum’at (14/9/2018).

“Selain Pilkades, sejumlah Kades pun ada yang akan mengikuti Pileg 2019 yakni, sekira 8 orang Kades. untuk itu, mereka harus mengundurkan diri dari jabatan Kadesnya, seperti halnya hari ini, dua orang Kades di Jatinangor akan mengikuti kontestasi Pileg 2019, mereka mengundurkan diri dari jabatannya. Sebelumnya Kades Cintamulya dijabat oleh Dadan Wardana, kini di jabat Pjs Kades Awam Dawam dan Kades Cileles, Suhendar kini, dijabat Pjs Kades Dadang Sobirin,” tuturnya.

Menurut Sumarwan, biaya untuk Pilkades akan di anggarkan dari Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD). sedangkan, calon Kades di Sumedang dibatasi minimal dua calon dan maksimal lima calon.

“Kami menekankan agar anggota Badan Permusyawarah Desa (BPD) bersikap netral sepanjang tahapan pilkades berlangsung. BPD harus benar-benar netral. Sebagai penyelenggra tidak boleh menjadi tim sukses calon atau mengampanyekannya,” sebutnya.

Sementara itu, salahsatu Kades yang akan mengikuti Pileg 2019, Dadan Wardana dari partai Golkar di dampingi Suhendar dari PDIP mengatakan, pihaknya mengundurkan diri dari jabatan Kades guna mengikuti tahapan Pileg DPRD Sumedang.

“Meskipun masih Daftar Calon Sementara (DCS) pada tahapan Pileg DPRD Sumedang dari Dapil V dan akan diumumkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) pada (20/9/2018) nanti, namun hari ini, secara resmi kami tidak lagi menjabat kades dan diganti oleh pejabat sementara dari Kecamatan Jatinangor,” katanya. (Abas)

Categories: Pemerintahan