Rusanto Joko: Cimanggung Merupakan Gudang Pelaku Seni

Laporan : Kiki Andriana

SUMEDANG, eljabar.com — Ketua perkumpulan pelaku seni dan budaya yang berlable “Sukma Sajati”, Rusanto Joko Prasetyo (Joko Loyor, red)  menyatakan bangga terhadap para pelaku seni dan budaya Sunda khususnya di kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Foto diambil disaat pekumpulan seni dan budaya Sunda "Sukma Sajati"  menggelar pagelaran seni dan budaya, di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat,  Sabtu (15/9/2018).
Foto diambil disaat pekumpulan seni dan budaya Sunda “Sukma Sajati” menggelar pagelaran seni dan budaya, di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (15/9/2018).

“Saya sangat bangga terhadap pelaku seni di Cimanggung,” sebut Rusanto Joko Prasetyo kepada sejumlah wartawan saat mendampingi Anggota Komisi I DPR RI Denny Jaya Abriyanti (F-PDI Perjuangan) saat menggelar pagelaran seni, di Kp. Nyalindung, Desa Cimanggung, Kecamatan Cimaggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/9/2018).

Menurut Joko, “Saya pribadi sangat bangga terhadap semua pelaku seni di kecamatan Cimanggung ini, mereka masih melestarikan kesenian negeri ini dan memabg seperti kita ketahui  kecamatan Cimanggung ini adalah salah satu gudangnya seniman dan budayawan Sunda,” beber Joko.

Dengan antusiasnya masyarakat dan seniman asal Cimanggung dengan melestarikan seni dan budaya Sunda seperti saat ini, lanjut Joko, ini sebagai bukti nyata jika Kecamatan Cimanggung ini merupakan gudangnya para pelaku seni dan budaya.

“Hari ini, terang Joko, kita baru menampilkan sesikitnya 10 group kesenian, yakni group seni Reog, Seni reak, Sisingaan, Pencak silat, Calung, Kendang narampak, dan Tari Jaipong,” terangnya.

Ditambahkan Joko, Dengan kunjungan kerja anggota DPE RI (Denny Jaya Abriyani) , harapan kami semoga Ibu Denny dapat memberikan kontribusi kepada pelaku seni khususnya di Cimanggung dengan harapan kesenian dan budaya Sunda di Cimanggung hari esok akan lebih baik lagi. (*)

Categories: Seni Budaya