Deklarasi Damai Pileg dan Pilpres 2019, Polda Jabar Gelar 3 Pilar-Lodaya Run 2018

BANDUNG, eljabar.com,- Sebagai bentuk upaya mensukseskan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 mendatang, Polda Jawa Barat melaksanakan deklarasi damai.

Untuk memeriahkan serta mensukseskan jalannya deklarasi, Polda Jabar mengadakan lomba lari bertajuk 3 Pilar Lodaya Run 2018, Minggu (23/9/2018) di halaman Mapolda Jabar, Bandung.

Lomba turut diikuti Kepala Polda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, pejabat utama serta seluruh Kapolres jajaran Polda Jabar, sejumlah kepala daerah dan masyarakat umum.

“Lomba 3 Pilar-Lodaya Run 2018 ini merupakan rangkaian acara inti, yakni deklarasi damai jelang Pileg dan Pilpres 2019. Deklarasi damai, seperti yang kita ketahui dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,” ucap Kapolda, Agung Budi Maryoto.

Jenderal bintang dua itu menyebutkan, acara tersebut digelar berdasarkan hasil koordinasi Polda Jabar dengan Kodam III Siliwangi dan Pemerintah Daerah Jawa Barat.

Selain itu, acara digelar sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada semua pihak sekaligus syukuran karena Pilkada 2018 kemarin di Jawa Barat berjalan dengan aman.

“Acara ini juga untuk menjaga sinergitas. Artinya, sinergi yang sudah baik ini harus teruskan ditingkatkan,” ujarnya.

Disebutkan, acara dimanfaatkan untuk bertemu 3 pilar, yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa atau Lurah.

“Jadi momen bagus ini saya manfaatkan untuk bisa bertemu dengan tiga pilar kebanggaan kita. Sedanhkan peserta Lodaya Run 2018, sebanyak 1.200 orang, termasuk anggota bhabinkamtibmas, babinsa, kepala desa atau lurah dan masyarakat. Lomba digelar secara gratis,” paparnya.

Harapan Kapolda Jabar, acara ini dapat menjaga kondusifitas yang aman dan lancar, baik itu menjelang, tahapan hingga akhir hasil pileg dan pilpres 2019.

“Deklarasi ini diikuti seluruh polres jajaran Polda Jabar. Dan sudah ada polres yang
melaksanakan deklarasi damai,” pungkasnya.
Sebelum kegiatan dimulai, perwakilan anggota dari tiga pilar membacakan deklarasi 3 pilar Provinsi Jawa Barat.

Adapu isi deklarasi menyatakan bertekad untuk:

1. Berperan aktif menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dalam mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 yang demokratis dan bermartabat.

2. Bersikap netral serta mematuhi dan melaksanakan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

3. Menolak segala bentuk upaya provokatif, menghasut dan ujaran kebencian yang dapat menggangu pelaksanaan Pileg dan Pilprea 2019, serta mendukung Polri dalam melaksanakan penegakkan hukum.

4. Meningkatkan sinergi dalam melaksanakan tugas dan pengabdian tugas kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat sejahtera, adil dan makmur melalui pengamanan Pileg dan Pilpres 2019. (Boni)

Categories: Olahraga,Pemerintahan,TNI / POLRI