Peringatan HUT Lantas di Mapolda Jabar, Korban Kecelakaan Diberi Tali Asih

BANDUNG, eljabar.com,- Jum’at (28/09/2018) Polda Jabar memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Lalu lintas Bhayangkara ke 63 tingkat Polda Jabar, di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta 748 Bandung. Peringatan tersebut dimeriahkan dengan kegiatan senam pagi, jalan santai, pemotongan tumpeng, pemberian tali asih kepada korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan reward (penghargaan) kepada jajaran lantas yang berprestasi di Mapolda Jabar.

Acara tersebut dihadiri Kapolda Jabar lrjen Pol Agung Budi Maryoto, Ketua Daerah Bhayangkari Jabar beserta pengurus, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman, para pejabat utama Polda Jabar, jajaran Dit Lantas Polda Jabar, para Kasat Lantas dan anggota Polri dan ASN di jajaran Mapolda Jabar.

Kapolda Jabar lrjen Pol Agung Budi Maryoto dalam kesempatan itu membacakan sambutan Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, lalu lintas urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan refleksi atas modrenitas.

“Dalam lalu lintas dibutuhkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas yang kita kenal dengan Kamtibcarlantas dipengaruhi faktor yang dapat menghambat diantaranya faktor manusia, kendaraan, jalan, lingkungan, alam dan kegiatan masyarakar lainnya,” ucap Agung.

“Dalam era digital perkembangan yang begitu besar dibidang informasi sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi serta sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden Republik lndonesia pembenahan dalam sentra-sentra pelayanan publik yang berkaitan dengan penegakan hukum sebagaimana program terus Kapolri yang profesional, moderen dan terpercaya (Promoter) di bidang lalu lintas dengan membangun seperti Zero Accident, Smartphone dan Kecelakaan online,” tambahnya.

Lebih jauh, kata Agung Budi, Hari Bhayangkara Lalu lintas ke 63 tahun 2018 ini mengusung tema “Dengan Promoter, Polantas Mengimplementasikan Road Safety melalui semangat Policing menuju Zero Accident”.

Menurutnya, Zero Accident merupakan upaya peningkatan kualitas keselamatan berlalu lintas antara lain meliputi membangun IT, Road Safety, Dik Laka, dan One gate service.

Kapolda Jabar menyampaikan kabar duka atas kecelakaan lalu lintas yang terjadi Kamis malam tadi terhadap Kapolres Tulungagung hingga menyebabkan isterinya, Anggi Rahayu meninggal dunia. “Kapolres AKBP Taofik Sukendar dulu pernah menjabat sebagai anggota Dit Lantas Polda Jawa Barat,” sebut Agung.

“Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, saya mengingatkan agar para Karo dan jajaran agar melatih para driver dengan baik jangan asal-asalan, yang terjadi dengan kecelakaan Kapolres Tulung Agung itu berpangkat Bripda tapi kalau memang layak ya bagus,” pungkasnya. (boni)

Categories: TNI / POLRI