Dekan Fisip UIN Sunan Gunung Djati Berikan Pendalaman Materi Politik Pemerintah kepada Praja IPDN

SUMEDANG, eljabar.com — Di hari pertama, Rabu (3/10/2018), dalam acara pendalaman materi politik pemerintah, praja fakultas politik pemerintahan IPDN tahun akademik 2018/2019 dibekali materi tentang Etika Pemerintahan dan Kebijakan Publik.

Salah satu materi yang disampaikan oleh Dekan Fisip UIN Sunan Gunung Djati, Dr. Sahya Anggara, yakni Etika Pemerintahan, mengupas hakikat dan konsep etika. Praja IPDN fakultas politik pemerintahan dibekali apa itu etis dan etika.

“Etis adalah apa yang menurut saya benar, apa yang sesuai dengan kepercayaan religius saya dan apa yang sesuai menurut peraturan hukum,” papar Sahya dalam materinya.

Sedangkan etika, ialah ilmu yang mendalami standar moral perorangan dan standar moral masyarakat serta standar moral yang bertujuan untuk melihat sejauh apakah standar moral yang diberikan.

Kemudian, Sahya membekali praja dengan pengertian etika pemerintahan yang pernah dikemukakan Nurdin 2017 dan Sumaryadi, 2010.

Selain itu, Sahya juga memberikan pembekalan bagi praja tentang nilai-nilai pemerintahan, fungsi pemerintahan, asas yang diterima oleh American Society For Publik Administration (ASPA) sebagai kaidah etis dan 3 pendejatan dalam melihat etika.

Praja juga diberi paparan mengenai 4 aliran utama etika menurut chandler dan plano, arti penting bagi administrasi publik, kebijakan publik, perumusan kebijakan publik, kebijakan publik dalam pertimbangan moral, etika dalam perumusan kebijakan dan norma yang membentuk pejabat publik dalam perumusan kebijakan.

Sedangkan untuk hari kedua acara pendalaman materi politik pemerintah,akan dilaksanakan Kamis (4/10/2018) besok, dengan pemateri Dr. Drs. H. Ismail Nurdin M.Si, Dekan Fakultas Politik Pemerintahan dalam Negeri. (Abas)

Categories: Pendidikan