Camat Cimanggung Serahkan Bantuan bagi Korban Bencana

SUMEDANG,- Camat Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat Drs. H. Herry Harjadinata menyerahkan bantuan berupa sembako, selimut dan tikar bagi korban musibah kebakaran di Dusun Pojok, RT 03/10, Desa Pasir Nanjung, Selasa (3/10/2018).

Dalam peristiwa itu, sedikitnya 3 rumah ludes dilalap Si Jago Merah. Ketiga rumah yaitu miliki Adang (35 tahun). Rumah panggung berukuran 5 meter X 10 meter itu dihuni 8 jiwa.

Kemudian rumah semi permanen berukuran 4m x 8m milik Emur (80 tahun) yang dihuni 3 orang dan rumah semi permanen berukuran 4m x 6,5 m milik Ujang Amin (40 tahun) yang dihuni 3 orang jiwa.

Camat Cimanggung, Heri menjelaskan asal mula kejadian, api diduga berasal dari tungku api yang sedang digunakan Emur.

“Saat itu Mak Emur meninggalkan tungku dalam keadaan menyala untuk mengantar barang jualan ke warung. Kemudian, terjadi ledakan tabung gas ukuran 3 kg di rumah Emur yang letaknya di tengah antara rumah Adang (cucu Emur) dan rumah Ujang Amin,” paparnya.

Adang saat itu mendengar adanya ledakan dan melihat kobaran api sudah membesar. Kemudian Adang menolong neneknya Emur yang dalam keadaan sakit dan langsung menolong istri serta anaknya yang baru berumur 1 bulan.

“Api bisa dipadamkan setelah 2 jam dengan dibantu masyarakat sekitar dan Damkar UPTD Tanjungsari,” tutur Heri.

Menurut keterangan, akibat peristiwa itu korban kerugian 3 unit rumah diperkirakan mencapai Rp300 juta. Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa.

“Kami menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan kompor gas. Terlebih di musim kemarau ini, jangan sembarangan menyalakan api,” pungkas Heri.

Abas

Categories: Kronik