Festival Kopi “Nabeuh Kopi”Diikuti Puluhan Pelaku Kopi Di Sumedang

Sumedang,eljabar.com —- Tak kurang dari 20 pelaku usaha kopi dari berbagai kecamatan di Sumedang mengikuti kegiatan Festival Kopi dengan mengusung tema, “Nabeuh Kopi” di Saung Budaya Sumedang (Sabusu) jalan raya Ir. Soekarno Jatinangor KM 21, Sabtu (6/10/2018).

 

Ketua Panitia kegiatan yang juga Ketua Komunitas Enterpreneur Sumedang (KES) Andri Sofian Permana, menjelaskan, kopi merupakan salahsatu budaya di Sumedang sejak zaman kerajaan Sumedang hingga sekarang.

 

“Sumedang pun sempat menjadi salahsatu produsen kopi pada masa kerajaan namun, kondisi saat ini, tidak seperti zaman dulu,” ujarnya.

 

Olehsebab itu, terang Andri, melalui kegiatan “Nabeuh Kopi” yang dihelat sejak Jum’at (5/10/2018) kemarin, hingga Minggu (7/10/2018) besok, diharapkan kopi Sumedang mampu menggeliat kembali. mengingat, kegiatan Festival Kopi digelar bertujuan untuk lebih mengangkat dan mengekspose kembali kopi Sumedang.

 

“Kami berharap melalui kegiatan ini para pelaku kopi dari hulu ke hilir dapat lebih sejahtera secara merata kedepannya. lebih jauh, kopi Sumedang dapat menembus pasar nasional maupun internasional,” ujarnya.

 

Menurut Andri, meski pertama kali digelar, semoga Festival Kopi Sumedang bisa digelar setiap tahunnya.

 

“Kami pun mengapresiasi setinggi tinggi pada pihak terkait juga para petani dan pelaku usaha kopi yang telah ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini,” katanya.

 

Dirinya pun berharap, peran pemerintah daerah Sumedang lebih optimal dalam mengangkat dan  menyejahterakan pelaku usaha kopi dari hulu hingga hilir.(abas)

Categories: Regional