BPN Sumedang Sosialisasikan Pengukuran Lahan Proyek Jalan Tol Cisumdawu

SUMEDANG, eljabar.com — Ratusan warga Desa Cilayung hadiri undangan Sosialisasi Pengukuran lahan untuk proyek jalan bebas hambatan Tol Cileunyi Sumedag Dawuan (Cisumdawu) yang digelar oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumedang, di Aula Kantor Desa Cilayung, Selasa (9/10/2018).

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan salahsatu tahapan awal dalam proses pengadaan tanah guna pembangunan Tol  Cisumdawu,” ucap Kasubsi Zona Nilai Tanah (ZNT) BPN Sumedang, Agus Priyono kepada eljabar.com.

Menurut Priyono, selain dihadiri oleh pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Jatinangor seperti, Camat Syarif E. Badar, Kapolsek Kompol Dede Suhardja, Danramil 1006 Kapten Inf Rudhi Prasetijo dan pihak terlait lain. juga dikuti oleh lebih dari 150 orang peserta khususnya  pemilik lahan yang terkena oleh proyek pengwrjaanTol Cisumdawu.

“Kami telah bekerjasama, antara BPN Sumedang  dengan pihak kementrian PUPR, bahwa setelah acara sosialisasi ini atau dua minggu kedepan pihaknya akan terjunkan petugas tim yang telah terbentuk yakni, Satgas A dan B untuk melakukan pengukuran ke lapangan tentunya, dengan didampingi pemilik lahan atau dibantu aparatur desa setempat,” ujarnya.

Disampaikan Priyono, Proyek Strategis Nasional (PSN) pengerjaan Tol Cisumdawu khususnya pada seksi 1 sepanjang 24 KM dari Sumedang Utara hingga Jatinangor, dalam proses pembebasan lahan ditargetkan harus rampung pada 2018 ini. mengingat, pemerintah pusat memastikan per Maret 2019 jalur Tol Cisumdawu sudah dapat digunakan.

Sementara, Kepala Desa Cilayung, Uyun menjelaskan, selain mengapresiasi positif acara Sosialisasi itu, warga desa Cilayung menginginkan proses pembebasan lahan agar segera dipercepat.

“Begitupun dengan harga lahan yang di sodorkan, masyarakat ingin harga yang pantas meski, tahapan saat ini baru pengukuran lahan terlebih dahulu. mengingat, tak kurang dari 150 orang warga desa Cilayung lahannya terkena oleh proyek Tol Cisumdawu. oleh karena itu, kami berharap, setiap proses tahapan pembebasan lahan Tol Cisumdawu dapat dilalui dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti,” pungkasnya. (abas)

Categories: Regional