Disaksikan Camat Jatinangor, 3 Calon Kades Gelar Deklarasi Damai

SUMEDANG, eljabar.com — Proses pemilihan kepala desa di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang akan digelar serentak pada 17 Oktober 2018.

Sebagai upaya menyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Damai, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Jatinangor menggelar deklarasi damai yang diikuti para calon kepala desa beserta para timsuksesnya.

Ketua Pemilihan Kepala Desa Jatinangor, Warson, S.Ag mengatakan ada tiga desa di Kecamatan Jatinangor yang akan menyelenggarakan Pilkades, yaitu Desa Jatimukti, Sayang, dan Cisempur.

Dengan ini menyatakan siap bersama-sama menyukseskan Pilkades secara Luber (langsung, umum, bebas dan rahasia). Diantaranya menolak penyebaran berita bohong atau hoax yang berkaitan Pilkades serta menolak radikalisme dan kampanye hitam. Panitia penyelenggara pilkades siap menjunjung tinggi netralitas dan berkeadilan.

Sebagai calon kepala desa siap menang dan siap kalah dalam kontestasi politik senantiasa menjunjung tinggi supremasi hukum dan perundangan-undangan yang berlaku. Serta meminimalisir terkait gesekan. Karena pemilihan akan dilakukan secara bersama-sama.

Warson berharap partisipasi pemilih diatas 80 persen. Pihaknya selalu menyampaikan target kami bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih. Sebagai contoh di Desa Jatimukti ada tiga TPS dengan jumlah  3615 pemilih.

Panitia pemilihan juga mengantisipasi pemilih ganda, dengan menyeleksi warga yang hanya memiliki identitas KTP Sumedang. Serta uniknya pilkades Jatimukti nanti bisa menyakinkan warga luar Jatimukti dipastikan tetap tidak bisa memilih.

Camat Jatinangor Sarif Effendi Badar mengatakan, semoga Pilkades 3 desa di Jatinangor sukses tanpa ekses. Tentunya kita tidak mengharapkan kalah atau menang. Dan berkomkitmen menjaga netralitas serta menjungjung tinggi profesionalitas sesuai dengan hasil 17 Oktober nanti.

Deklarasi bersama ini menyatakan sikap dan komitmen ini bagian daripada kesiapan panitia di Jatinangor secara serentak. Tidak hanya seremonial semata, panitia menyosialisasikan KPD masing- masing, dengan harapan dalam penyelenggaraan Pilkades serentak ini suksesnya Pilkades sukses tanpa ekses. Kalah menang biasa. (Abas)

Categories: Politik