Tangkal Faham Radikal dan Terorisme, FGD Bersama Komunitas Motor Vespa Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka cipta kondisi kondusif menjelang pemilihan umum (Pileg dan Pilpres 2019) yang aman, damai dan sejuk, serta mencegah tangkal faham radikal dan terorisme, dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama komunitas Motor Vespa Sumedang, di Aula RM Joglo Sumedang, Rabu (10/10/2018). Usai FGD, acara dilanjutkan dengan deklarasi bersama mulai pukul 18.30 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasat Binmas Polres Sumedang AKP Baban Kusbandi, KBO Sat Binmas Polres Sumedang Ipda Nuroni Kandiana, S.Pd.I, Pimpinan Ponpes Al Falah Cikoneng sekaligus sebagai pemateri, Staf Binmas Polres Sumedang serta para peserta FGD dari komunitas Vespa Sumedang sebanyak 13 orang.

Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo, S.I.K., M.H diwakili Kasat Binmas AKP Baban Kusbandi yang membuka langsung acara menyebutkan, tema dalam bahasan FGD adalah “Mewujudkan masyarakat Kab. Sumedang yang anti radikalisme dan anti terorisme dalam mendukung terselenggaranya pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk”.

“Tujuan kegiatan ini agar tidak terjadinya potensi konflik sosial yang menyangkut pada tindakan SARA yang akan berdampak terhadap situasi dan kondisi menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019,” ungkap AKP Baban.

Selain itu, tambahnya, kegiatan tersebut dapat memberikan nilai positif dan wawasan bagi semua pihak, khususnya komunitas Vespa Sumedang dengan terbangunnya keutuhan kesatuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

“FGD kali ini menghadirkan Narasumber dari akademisi dan pondok pesantren. Sehingga akan didapat pemahaman yang benar tentang ajaran agama yang harus dilaksanakan oleh setiap insan manusia, sehingga tidak menyimpang bahkan menjurus Radikalisme dan Terorisme,” tuturnya.

Disebutkan, agar suhu politik di Kabupaten Sumedang tetap kondusif, maka dilakukan langkah-langkah, di antaranya dengan giat FGD.

“Kepada para peserta FGD, diharapkan dapat mampu menjadi motivator dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pileg dan Pilpres tahun 2019,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al-Falah Cikoneng, Ustad Asep dalam penyampaian materinya mengatakan, komunitas Vespa Sumedang menjadi pionir dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif serta masyarakat yg agamis religius. (Abas)

Categories: TNI / POLRI