You are here: Home » Olahraga » Bupati Kick Off Liga Desa Nusantara

Bupati Kick Off Liga Desa Nusantara 

(Foto:Humas Pemkab Sumedang)

(Foto:Humas Pemkab Sumedang)

Sumedang,eljabar.com — Pembukaan pertandingan Liga Desa Nusantara ditandai dengan dilakukannya kick off oleh Bupati Sumedang dan dilanjutkan dengan pertandingan pertama antara Desa Pajagan melawan Desa Situraja. Acara Liga Desa Nusantara tahun 2017 tingkat Regional Kabupaten Sumedang digelar di Lapang sepak bola Boca Kecamatan Cimalaka Senin, (20/11).

Acara dihadiri pula Kepala Dinas PMD, Ketua Koni Kabupaten Sumedang, Ketua Perses, anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Kepala Kesbangpol, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Bank Sumedang, para camat, unsur Forkopimka serta seluruh peserta Liga Desa Nusantara se-kabupaten Sumedang.

Liga Desa Nusantara se-kabupaten Sumedang ini merupakan tindak lanjut dari MOU Kementrian Desa Pemuda dan Olahraga, untuk tahap pertama Liga Desa Nusantara baru dilaksanakan di 16 Kabupaten 12 diantaranya dari provinsi Jawa Barat dan 4 dari Banten. Serta juara dari liga Desa Nusantara ini akan mewakili tingkat Kabupaten untuk bertanding di tingkat Nasional.

Adapun usia para peserta Liga ini maximal berusia 20 tahun atau kelahiran tahun 1997. Liga Desa Nusantara di Kabupaten Sumedang di ikuti oleh 16 Desa yang dilaksanakan selama 11 hari dimulai pada tanggal 20 sampai dengan 30 November 2017.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H. Teddy Mulyono SH, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan pada Undang-undang no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan berdasarkan pada MOU antara Kementrian Pemuda dan Olahraga dengan Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2016 nomor 90/MOU/MENPORA/X/2016, Nomor 07/M-DPDTT/KB/X/2016 tentang penyelenggaraan Kepemudaan dan Keolahragaan di Desa Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi.

Masih menurut Teddy, adapun Liga Desa ini bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga khususnya olahraga sepak bola mulai dari tingkat desa sampai tingkat Nasional, memperkokoh solidaritas sosial antar masyarakat di desa, mendorong generasi muda untuk berprestasi dibidang olahraga sepak bola, serta menjadi media/sarana dalam rangka sosialisasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Desa melalui pembinaan sepak bola.

“Dengan adanya Liga Nusantara ini diharapkan adanya rasa persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Republik indonesia”,ujarnya.

Sementara itu Bupati Sumedang H.Eka Setiawan mengatakan Liga ini merupakan pertandingan awal untuk kejuaraan dunia tingkat desa se-Indonesia.

“Saya merasa bangga bisa bertemu dengan anak-anak generasi muda yang berprestasi di bidang sepak bola mudah-mudahan kalian semua bisa menjadi pemain sepak bola muda andalan Sumedang yang bisa bertanding terus ke tingkat Nasional”, pungkasnya(Abas,Arip)

3,595 total views, 3 views today