You are here: Home » Priangan Barat » Kabupaten Cianjur » Dor! Dua Pelaku Curanmor R4 Tewas Ditembus Timah Panas

Dor! Dua Pelaku Curanmor R4 Tewas Ditembus Timah Panas 

IMG-20170120-WA0006CIANJUR, eljabar.com — Dua orang pelaku pencurian kendaraan roda empat (R4) tewas ditembus timah panas, Jumat (20/1/2017) dini hari. Keduanya terpaksa ditembak lantaran membahayakan nyawa petugas Kepolisian yang tergabung falam Tim Khusus (Timsus) Polres Cimahi.

Kedua tersangka, yakni Ucok alias Lubis dan Dede sebelumnya melakukan pencurian terhadap mobil jenis Suzuki Carry yang dilengkapi GPS. Mobil tersebut disikat kedua pelaku di Jln. Gempol, Kel. Melong, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi sekitar pukul 04.45 Wib pada Kamis 19 Januari 2017 kemarin.

Aparat Polres Cimahi yang mendapat laporan dari pelapor atas nama Jaya Rachmat dengan nomor: LP.B/108/I/ 2017 pada tanggal 19 januari 2017 langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran kepada pelaku.

“Setelah melakukan cek TKP, diketahui bahwa pada saat kejadian ada rekaman CCTV. Berdasarkan rekaman CCTV tersebut, polisi bisa mendapatkan ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang dipakai sebagai sarana untuk melakukan pencurian tersebut,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Yusri Yunus melalui pesan singkatnnya Jumat (20/1) siang.

Disebutkan, dari rekaman CCTV, pelaku mengenakan peci dan membawa mobil Avanza warna putih nopol D 1361 XY. “Kemudian berdasarkan ciri tersebut dan penelusuran menggunakan GPS yang ada di mobil korban, Unit Timsus bergerak mengikuti arah kendaraan berdasarkan koordinat GPS yaitu ke arah Kp. Mangkok, Kec. Mande wilayah hukum Polres Cianjur. Setelah dilakukan pencarian dan observasi, diketahui mobil pick up hasil curian diparkir di lapangan perkampungan,” tambah Yusri.

Kemudian, imbuhnya, dilakukan surveilanve dan observasi untuk mengamati dari jarak jauh selama kurang lebih 10 jam. Sekira jam 17.30 Wib datang dua orang yang mendekati R4 korban, kemudian pada saat kedua orang tersebut memasuki R4 hasil curian dilakukan penangkapan.

“Berdasarkan keterangan dari dua orang yang diduga penadah tersebut, diketahui bahwa yang membawa dan menyimpan mobil pick up hasil curian adalah Ucok dan Dede dengan membawa juga R4 jenis Avanza warna putih. Setelah dilakukan penyelidikan dan undercover dari percakapan HP, disepakati bahwa pertemuan antara Ucok dan Dede dengan dua orang yang telah diamankan akan dilakukan di Pom Bensin Warung Kondang Cianjur,” paparnya.

Lalu, pada Jumat (20/1/2017) sekira pukul 03.00 Wib, timsus menunggu di sekitaran pom bensin Warung Kondang. Tak lama kemudian, datang R4 jenis Avanza warna putih nopol D 1361 XY. “Setelah diamati, R4 tersebut hanya lewat. Namun, ciri-ciri mereka sesuai dengan pelaku, kemudian dilakukanlah pembuntutan dari belakang,” tambahnya.

Saat R4 jenis Avanza warna putih tersebut berhenti, dilakukan penyergapan oleh anggota timsus, akan tetapi kedua pelaku berusaha untuk kabur dengan menabrakan mobil ke arah anggota yang melakukan penangkapan.
“Petgas pun memberikan tembakan peringatan beberapa kali, akan tetapi R4 yang dibawa pelaku semakin membahayakan petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur yang mengakibatkan kedua pelaku mengalami luka tembak dan tewas di dalam mobil,” pungkas Yusri. (Bnh)

1,633 total views, 1 views today