You are here: Home » Jawa Barat » DPRD Kab Bogor Gali Masukan Kearsipan ke DPRD Jabar

DPRD Kab Bogor Gali Masukan Kearsipan ke DPRD Jabar 

DPRD Kab Bogor Gali Masukan Kearsipan ke DPRD JBANDUNG, eljabar.com — Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Raperda Penyelenggaraan Kearsipan DPRD Kabupaten Bogor menggali masukan dan saran dari Komisi I DPRD Jawa Barat di Ruang Komisi I DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (22/2).

Rombongan DPRD Kabupaten Bogor yang dipimpin oleh Ketua Pansus  Maryono diterima oleh Sekretaris Komisi I DPRD Jawa Barat, H. Didin Saefudin Zuhri, sejumlah anggota Komisi I DPRD Jawa Barat, diantaranya HM. Iqbal serta Kasubag Renprog Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat, Drs. F. Ismail, MSi

“Kami bersilaturrahim dalam rangka ingin memperbanyak masukan dan saran untuk perbaikan Raperda yang sedang kami bahas yaitu perihal Penyelenggaraan Kearsipan, supaya perda yang kami susun itu bisa akomodatif dan aplikatif,” kata Maryono.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, HM. Iqbal, mengatakan, kalau berbicara rujukan masalah kearsipan Indonesia, termasuk arsip Kabupaten Bogor tentunya adalah negeri Belanda.  Kerana bagaimanapun juga, negara kita pernah dijajah oleh Belanda kurang lebih 350 tahun lamanya.

“Pansus DPRD Jawa Barat waktu pembahasan masalah kearsipan berkunjung ke perpustakaan di negeri Belanda. Apa yang ditemukan di sana, ternyata memang, yang paling komplit arsip tentang Indonesia, memang ada di Belanda. Segala hal ihwal tentang Indonesia dari A sampai Z ada di Belanda. Khusus arsip tentang Indonesia itu, disimpan di 7 lantai dengan panjangnya sampai 15 kilometer. Bisa dibayangkan komplitnya arsip kita di Belanda,” katanya.

Penyimpanan dan pemeliharaan arsip secara baik, menurut HM Iqbal, sangat penting untuk pewarisan nilai-nilai sejarah dan budaya bagi anak cucu kita.(hm/r02)

291 total views, 1 views today