You are here: Home » Priangan Barat » Kota Sukabumi » Duh, Ditemukan Al-Quran Coretan Kaki dan Berbau Hinaan

Duh, Ditemukan Al-Quran Coretan Kaki dan Berbau Hinaan 

IMG-20170214-WA0007SUKABUMI, eljabar.com — Minggu 12 Februari 2017 kemarin, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Jawa Barat menangani adanya pencoretan pada sebuah Al-Quran. Ayat suci tersebut pun diamankan guna dijadikan barang bukti.

Al-Quran yang dicoret berbau hinaan tersebut pertama kali ditemukan oleh Edah Wahyuni, warga Jln. Gudang, Gang Cereme III, RT 05/05, Kel. Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi dan Muhamad Romli (36) warga Gang Hidayat, Jl. Cikiray, RT 05/04, Kel. Kebonjati selaku pengurus DKM Mesjid Al-Ikhlas. Keduanya saat ini dijadikan saksi dalam kasus tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Yusri Yunus membenarkan temuan pencoretan pada sampul Al-Quran itu. “Pada hari Kamis 09 Februari 2017 sekira pukul 11.00 Wib, saksi Edah Wahyuni, sewaktu akan ke warung melihat bungkusan plastik kresek warna hitam di bawah tangga Gg. Cereme III. Setelah dibuka, ternyata isinya satu buah Al-Qur’an yang banyak tulisan atau coretan. Lalu, Al-Quran itu dibawa pulang ke rumah dengan memberitahu anaknya, Hendri. Setelah dibuka, selanjutnya Edah membawa Al-Qur’an tersebut ke pengurus mesjid Al- Ikhlas yang diterima Muhammad Romli,” jelas Yusri, Selasa (14/02/2017).

IMG-20170214-WA0008Selanjutnya, tambah Yusri, di hari yang sama, Muhammad Romli melaporkan kepada ketua RW 04 H. Dadan. Berdasarkan petunjuk H. Dadan, Al-Qur’an tersebut diserahkan kepada MUI Kota Sukabumi. “Pada Jum’at 10 Februari 2017 pukul 13.30 Wib, Muhammad Romli menyerahkan atau melaporkan kejadian tersebut ke MUI Kota Sukabumi dan diterima Sekretaris MUI Kota Sukabumi KH. Drs. Muh Kusoy, Msi,” tuturnya.

Coretan tersebut yakni, pada lembaran Asmaul Husna sebelah kanan tertulis kata-kata yang menghujat Habib Riziq Shihab, dan sebelah kiri adalah gambar kaki. “Dilembaran isi Al-Quran sebelah kanan tertulis ‘Kuasa hukum dan pembela tuhan orang Islam saja manusia gila spt si habib riziq bagaimana tuhannya’. Sementara sebelah kiri tertulis “pembela ayat setan yang mukanya spt kucing garong si habib riziq setan pengikut2 orang tidak waras manusia jahiliyah. Tulisan tersbut jelas berbau hinaan. Dan pelakunya diupayakan untuk segera ditangkap,” jelasnya.

Sekretaris MUI Kota Sukabumi, KH. Kusoy membenarkan telah menerima laporan dari Muhammad Romli  terkait pencoretan di sebuah Al-Quran. “Terkait dengan penemuan Al-Quran yang dicoret-coret tersebut, lantas dilaksanakan rapat konsultasi internal di jajaran pengurus MUI Kota Sukabumi pada Senin 13 Pebruari 2017 jam 13.00 wib. Hasil rapat konsultasi, kemudian ditindaklanjuti dengan melaksanakan Rapat Koordinasi dengan semua pihak yang terkait termasuk mengundang saksi-saksi pada Selasa (14/2) jam 13.00 wib bertempat di kantor MUI Kota Sukabumi,” paparnya.

Al-Quran yang dijadikan barang bukti tersebut telah diamankan di kantor MUI Kota Sukabumi. Hasil monitor dan deteksi, Al-Quran tersebut telah beredar di jejaring sosial Sukabumi Facebook. Pihak kepolisian akan segera menindaklanjuti kasus ini dan segera menyeret pelakunya. (BnH)

7,160 total views, 1 views today