You are here: Home » Priangan » Kabupaten Sumedang » Eka Buka Rakor Kepariwisataan Kabupaten Sumedang

Eka Buka Rakor Kepariwisataan Kabupaten Sumedang 

Bupati Sumedang H. Eka Setiawan membuka acara Rapat Koordinasi Kepariwisataan Kabupaten Sumedang yang bertempat di Gedung Negara. (Foto. Humas Pemkab Sumedang)

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H. Eka Setiawan membuka acara Rapat Koordinasi Kepariwisataan Kabupaten Sumedang yang bertempat di Gedung Negara, Rabu (10/01/2018).
Acara rakor tersebut dihadiri Asisten Pembangunan, Kepala Disparbudpora, Kepala Bappppeda, Para Kepala SKPD terkait, para Camat se-Kabupaten Sumedang, para Stakeholder pariwisata Kabupaten Sumedang, para pelaku usaha jasa dan sarana pariwisata, serta tamu undangan lainnya.
Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaaan dan olahraga Agus Sukandar selaku ketua penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa sektor pariwisata memegang peranan penting dalam meningkatkan perekonomian daerah, pembangunan pariwisata juga merupakan salah satu sektor yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian daerah.
“Usaha mengembangkan dunia pariwisata ini diatur dalam undang-undang no 10 tahun 2009 yang menyebutkan bahwa keberadaan objek wisata pada suatu daerah akan sangat menguntungkan, antar lain meningkatnya PAD, meningkatnya taraf hidup masyarakat dan memperluas kesempatan kerja,” ujar Agus.
Agus menambahkan maksud dari penyelenggaraan rakor kepariwisataan ini yaitu dapat melakukan evaluasi dan merumuskan serta menyusun strategi pengembanagan dan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Sumedang, sehingga sektor pariwisata Kabupaten Sumedang mampu bersaing dengan kabupaten lain.
“Adapun tujuan dari Rakor ini, untuk mengevaluasi permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan kepariwisataan selama tahun 2017, menyusun strategi pengembangan industri wisata dengan mningkatkan kunjungan wisatawan dan tingkat hunian hotel pada tahun 2018, menyiapakan pembangunan infrastruktur kepariwisataan aksesibilitas pariwisata di Kabupaten Sumedang pada tahun 2019 serta meningkatkan peran swasta untuk menginvestasikan dananya pada pengembangan destinasi pariwisata di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.
Sementara itu bupati mengatakan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan hari ini merupakan moment yang sangat penting mengawali aktifitas di awal tahun 2018 dan proses penyusunan rencana pembangunan jangka menengah Daerah Kabupaten tahun 2019-2023.
“Rencana pembangunan jangka menengah Daerah RPJMD berfungsi strategis dalam membenahi arah dan pembagunan Kabupaten Sumedang lima Tahun kedepan,” ujarnya.
Masih menurut Eka, salah satu rumusan RPJMD yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah sektor Pariwisata.
“Karena tidak bisa dipungkiri Kabupaten Sumedang memiliki potensi yang sangat besar, tidak hanya wisata budaya, sejarah, namun juga wisata alam, wisata buatan dan kuliner sebagai objek wisata unggulan,” ucapnya.
Dilanjutkan Eka, melihat potensi pariwisata tersebut pihak swasta memegang peranan penting dalam pembangunan pariwisata di daerah salah satunya di Kabupaten Sumedang.
“Maka dari itu, dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder bagaimana mengelola potensi tersebut sehingga bermanfaat untuk kemajuan masyarakat kabupaten Sumedang dan mudah-mudahan beberapa tahun kedepan Sumedang bisa menjadi destinasi wisata unggulan,” pungkasnya. (Abas,Arip)

5,510 total views, 1 views today