You are here: Home » Priangan Timur » Kabupaten Garut » Gunung Cikuray mengamuk warga Cigedug menjadi korban

Gunung Cikuray mengamuk warga Cigedug menjadi korban 

photostudio_1510308541899GARUT,eljabar.com — Akibat adanya pengalih fungs kawasan hutan lindung menjadi lahan pertanian, baik oleh warga ataupun perusahaan, Kamis (9/11/2017) salah seorang warga Desa Cintanagara,Kecamatan Cigedug,Kabupaten Garut,menjadi korban akibat banjir bandang saat hujan deras terjadi di kawasan gunung cikuray.

Menurut keterangan yang disampaikan Basit Abdul Kodir(Kades Cigedug), yang pada saat itu ikut dalam pencarian  mengatakan bahwa sementara korban diketahui bernama ibu Manah (35th) warga Kp.Pabrik,Desa Cintanagara hanyut terseret deras nya air bercampur dengan lumpur akibat hujan lebat di sekitar gunung Cikurai.

Lebih lanjut, Basit mengatakan kalau hujan di sini tidak terlalu besar,hanya mungkin di atas gunung papandayan deras ditambah lagi keadaan hutan nya sudah gundul akibat  dijadikan lahan pertanian.

“Saya selaku Kepala Desa Cigedug beserta Kepala Desa lain nya sangat prihatin dan khawatir dengan keadaan hutan lindung yang berada di kawasan Perhutani perlahan berubah menjadi lahan pertanian”.

Apalagi wilayah Kecamatan Cigedug adalah salah satu Kecamatan yang rawan dengan bencana banjir atau longsor,dikarenakan posisi nya berada di kaki gunung Cikuray,tandas nya.photostudio_1510308312743

Hal yang kami takutkan akhir nya terjadi dan warga kami menjadi korban akibat perusakan hutan,pihak Pemkab Garut sudah beberapa kali akan menutup lahan pertanian di atas gunung Cikuray namun hanya wacana saja,gak tau  nunggu bencana dulu atau gimana.ucap nya dengam geram.

“Kami beserta masyarakat Kecamatan Cigedug pada umum nya mengharapkan Pemkab.Garut untuk segera mengembalikan hutan ke pungsi nya lagi,jangan sampai harus menunggu korban lebih banyak lagi”.pungkas nya. (tim)

5,288 total views, 62 views today