You are here: Home » Priangan » Kota Cimahi » Kemensos Dukung Kampung Siaga Bencana

Kemensos Dukung Kampung Siaga Bencana 

Kemensos Dukung Kampung Siaga Bencana

CIMAHI,elajabar.com —  Kementerian Sosial RI mendorong setiap daerah termasuk Kota Cimahi agar mengalokasikan anggaran untuk pendirian Kampung Siaga Bencana (KSB). KSB merupakan program unggulan Kementerian Sosial RI yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari kerentanan bencana.

Direktur Perlindungan Korban Bencana Alam Kementrian Sosial, Margoiyono menjelaskan, ada beberapa provinsi bahkan mendirikan KSB dengan cara mendorong APBD agar mengalokasikan anggaran untuk KSB.

“Misalkan kalau Satlak penanggulangan bencana butuh pelatihan, langsung dikirim,” katanya, kepada pewarta, di Lapangan Cibaligo, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Sabtu (18/11).

Menurutnya, sejauh ini Kementrian Sosial sudah membentuk sebanyak 567 KSB di seluruh Indonesia. Khusus sepanjang tahun ini, pihaknya berhasil membangun sekitar 200 lokasi KSB dan sisanya sebanyak 68 lokasi pada tahun berikutnya.

Mengenai kejadian bencana, sepanjang tahun ini pihaknya mencatat telah terjadi bencana sebanyak 2.071 bencana alam di Indonesia. Wilayah Jawa Barat memang merupakan daerah yang paling rawan akan tejadinya bencana alam. Daerah itu di antaranya Garut dan Tasik.

Perihal KSB, kata dia, dibutuhkan untuk menekan risiko semakin tingginya korban bencana alam di berbagai daerah, baik alam maupun non alam. Dalam melaksanakan penanggulangan bencana Pemerintah akan lebih melibatkan masyarakat setempat atau lebih dikenal dengan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, pembentukan KSB ini merupakan dalam rangka persiapan untuk mengatisipasi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Ini upaya pemerintah kota dalam mempercepat penanggulangan bencana yang terjadi di wilayahnya,” pungkasnya.

137 total views, 2 views today