You are here: Home » Priangan » Kabupaten Bandung Barat » Kota Baru Parahyangan Jadi Laboratorium Botani

Kota Baru Parahyangan Jadi Laboratorium Botani 

Kota Baru Parahyangan Jadi Laboratorium BotaniBANDUNG BARAT-Sebanyak 42.600 pohon dari berbagai jenis telah di tanam di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Asisten Manager Sustainability, Komunitas Hayu Hejo, Murti Herawati mengatakan, penanaman pohon yang terdiri dari 29 jenis pohon dilakukan berdasarkan fungsi dan kegunaan dari masing-masing pohon tersebut.

“Yang ditanam ada pohon jambu, menteng, gandaria itu habitat satwa, kemudian kayu manis, kemang memiliki fungsi ekologis dan pohon trembesi, merawan itu mampu menyimpan air di tanah,” ucapnya.

Menurut Murti, selain dilakukan di taman-taman serta media jalan, penanaman pohon juga dilakukan di bantaran anak sungai Citarum dan bibir danau Saguling.

“Penanaman di jalan agar lingkungan tetap asri dan pinggir danau dilakukan untuk mencegah terjadinya gerusan tanah yang bisa mengakibatkan sedimentasi pada danau,” kata Murti disela-sela  pencanangan 2016 Tahun Lingkungan Kota Baru Parahyangan, di Bale Pare Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, Kamis (14/01).

Murti berharap dengan banyaknya jenis tanaman dan pohon yang ditanam, diharapkan kedepan Kota Baru Parahyangan mnejadi laboratorium botani bagi anak-anak.

“Kita akan identifikasi semua jenis tanaman, sebaran serta manfaatnya, hingga nantinya anak-anak akan mengetahui jenis-jenin tanaman yang ada disekitarnya,” ujarnya.  (hm/r01)

309 total views, 1 views today