You are here: Home » Jawa Barat » MEIKARTA STOP DULU

MEIKARTA STOP DULU 

photostudio_1501728451539KAB. BEKASI, elJabar.com -Gonjang-ganjing soal pembangunan Meikarta akhirnya direspons DPRD Provinsi Jawa Barat. Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Pemda Kabupaten Bekasi (Rabu, 02/08). Rombongan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Ineu Purwadewi dan Koordinator Komisi IV Harris Bobihoe tersebut diterima Sekda Kabupaten Bekasi.

Dalam pertemuan terungkap bahwa sebenarnya Meikarta sendiri luas kawasannya baru mendapat izin 84 hektare dari 143 hektare yang diajukan. Lippo Grup yang menaunginya memang sudah memiliki izin penguasaan tanah di salah satu Pengembangan Kawasan Nasional (PKN) tersebut seluas 480 hektare sejak 1994.

Data-data tersebut memang terkait dengan trikk pemasaran “barang dagangan”. Mengapa? Di dalam portalnya Meikarta banyak “menjanjikan” fasilitas, termasuk mencantumkan angka luasan yang sekitar 500 haktare.

Belum lagi, perizinan yang belum sepenuhnya mereka kantonga. Di sisi lain, RTRW Kabupaten Bekasi memang sudah rampung. Tetapi, RDTR-nya masih dalam proses finalisasi di BKPRD. Tidak mengherankan kalau kemudian kondisi tersebut menuai pro-kontra.

Di lapangan, memang belum ada fisik bangunan yang berdiri. Namun, alat berat sudah siap dan bahkan tiang pancang mulai di beberapa titik.

Wakil Ketua Komisi IV, Daddy Rohanady, menilai sebaiknya prosedurnya diikuti. Jika tidak, akan menjadi tidak enak bagi semua pihak.

“Karena itu, menurut saya stop dulu saja sampai semua urusan perizinannya selesai,” ujar Daddy yang berasal dari Partai Gerindra daerah pemilihan Cirebon Indramayu itu. (Adnan)

5,978 total views, 3 views today