You are here: Home » Priangan Timur » Kabupaten Ciamis » Menteri Pertanian Panen Raya Padi Sekaligus Serap Gabah Petani di Ciamis

Menteri Pertanian Panen Raya Padi Sekaligus Serap Gabah Petani di Ciamis 

panen_raya_ciamisCIAMIS, eljabar.com — Masa panen raya Kelompok Tani Marga Mukti Desa Kalapasawit Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis telah tiba, dan hari Jum’at (10/03/2017) diadakan panen raya dihadiri dan  disaksikan Oleh Menteri Pertanian, Pangdam 111 Siliwangi Jabar beserta para Babinsa Kodim 0613 Ciamis, Bupati Ciamis, Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Perum bulog subdivre Ciamis serta Yayasan Maharya Pati yang dihadiri oleh Ketua Dewan pembina Yayasan Maharya Pati, Ndaru Kusumo didampingi pula Pembina Maharya Pati, Brigjen Rudiono Edi serta Korwil Priangan Timur, Eko Galle dan para Ketua Maharya Pati se Priangan juga ikut hadir.

Menurut keterangan panitia acara, yakni Dinas Pertanian, pejabat Dinas Pertanian Ciamis H. Nana Sukmana mengatakan, “Panen raya ini merupakan simbolik pesta panen rakyat di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Kabupaten Ciamis dengan maksud inti adalah berdo’a bersama mengucap rasa syukur kepada Illahi robi atas limpahan rahmat atas  hasil padi yang melimpah, sekaligus momen sharing petani dan petugas pertanian dalam upaya evaluasi dengan hasil panen tersebut,” ucapnya.

Sementara Pangdam 111 Siliwangi meninjau langsung hasil binaan TNI Manunggal Rakyat kepada para petani di daerah tersebut. Senada pula dengan Yayasan Maharya Pati yang mana pendukung penuh program kedaulatan pangan bahwasannya dengan diadakannya panen raya tersebut dapat terlihat hasilnya. Sebagaimana dikatakan Dewan Pembina Maharya Pati Brigjen Rudiono Edi, “Apapun masalahnya  mengenai pangan, untuk para petani dihimbau agar dapat segera melaporkan kepada dinas terkait atau ke Yayasan Maharya Pati terdekat supaya dapat ditindaklanjuti bersama dan menemukan formula yang tepat guna membuahkan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Puncak acara tersebut diakhiri dengan ramah tamah, dan pengenalan produk unggulan masyarakat yang dikemas dalam bazar pasar tani dengan meng gelar beberapa stan. Juga penampungan hasil panen manakala ada petani yang mau menjual hasil panennya tersebut kepada Bulog Subdivre Ciamis yang siap sedia membeli dengan harga standar bulog yang di plat dengan harga Rp3.750 dan Rp.3.700/ kilogramnya. (Jaja, ST)

5,046 total views, 3 views today