You are here: Home » Jawa Barat » Mutarlih, Mengajak Masyarakat Berperan Aktif Pada Kegiatan Coklit

Mutarlih, Mengajak Masyarakat Berperan Aktif Pada Kegiatan Coklit 

Komisioner KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq memberikan pemaparan tentang Sosialisasi Pemutakhiran Data kepada para peserta sosialisasi di Hotel Newton, Jl. Martadinata Bandung (4/1).

Komisioner KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq memberikan pemaparan tentang Sosialisasi Pemutakhiran Data kepada para peserta sosialisasi di Hotel Newton, Jl. Martadinata Bandung (4/1).

BANDUNG, eljabar.com — KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jawa Barat mulai mensosialisasikan pemutahiran daftar pemilih (Mutarlih) menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 27 Juni 2018 yang kian sudah mendekat. Selain itu juga segera mulai dengan tahapan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat melalui partai politik (Parpol) pengusungnya.
Pemaparan sosialisasi dan tahapan itu disampaikan nara sumber dari KPU Jawa Barat kepada para wartawan, di Hotel Newton Bandung, Kamis (4/1).
Ketua Divisi Sosialisasi KPU Jabar, Nina Yuningsih dalam penjelasannya mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan guna mengoptimalkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pelaksanaan Pilgub Jabar 2018.
“Untuk itu, kata Nina, akan dibentuk Agen Sosialisasi pada pertengahan Januari 2018. Selain itu, Petugas Pemutahiran Data Pemilih mulai tugas untuk pencocokan dan penelitian (Coklit) Daftar Pemilih yang bergerak mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018,” ucap Nina Yuningsih.
Ia pun mengemukakan, dari Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) jumlahnya mencapai 32.532.239 orang saat ini ada di KPU Jabar yang sumber datanya dari pemerintah.
“Jumlahnya, katanya, bisa berubah setelah kegiatan pemutahiran di Coklit yang usia pemilih terbanyak di DP4 di rentang usia 30-40 tahun tercatat sebanyak 7.486.308 pemilih dan pemilih pemula 2.343.906,” ujar Nina.
Menurut Nina, Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) akan segera mulai melaksanakan tugasnya secara akurat, komprehensif, valid, mutakhir dan mudah diakses.
Karena itu, katanya, diharapkan ada peningkatan jumlah pemilih dan mengajak masyarakat berperan aktif pada kegiatan Coklit.
Sementara Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq menyebutkan, targetnya seluruh warga Jawa Barat memenuhi syarat pemilih sehingga jadi daftar pemilih tetap.
Endun mengingatka para calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur bersama Parpol menyiapkan diri mendaftar mulai 8 s/d 10 Januari 2018, selain itu para calon wajib datang mendaftar yang didampingi Ketua dan Sekretaris partai pengusung dengan membawa berkas dokumen. Mereka, katanya, akan disambut dengan Longser kesenian tradisional Jawa Barat. (Elly)

1,629 total views, 1 views today