You are here: Home » Priangan Timur » Kabupaten Ciamis » Pembina Maharya Pati Sosialisasikan Kedaulatan Pangan di Bojong Galuh

Pembina Maharya Pati Sosialisasikan Kedaulatan Pangan di Bojong Galuh 

maharya_pati_01CIAMIS, eljabar.com – Pembina Maharya Pati beserta rombongan kunjungi Bojong Galuh atau sekarang Desa Dana Sari, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Kunjungan kali ini untuk mewujudkan masyarakat desa yang mengerti Pancasila demi terlaksananya kedaulatan pangan, Rabu (18/1/2017).

Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pembina Maharya Pati Ndaru Kusumo, Pembina Maharya Pati dari Mabes TNI Brigjen. Rudiono Edi S dan turut hadir Korwil Priangan Eko, ketua dan segenap anggota Maharya Pati Priangan Timur serta para tokoh masyarakat dan sesepuh seni budaya seperti halnya R. Said Kusuma dari Mahesa Kujang Rajawali dan Ki Muslih dari Gunung Salak.

Dalam acara tersebut Brigjen. Rudiono sebagai Pembina Maharya Pati menyampaikan, “Acara ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan agar jangan tergerus moderenisasi, di samping itu guna mensosilisasikan program Maharya Pati. Hal ini guna mewujudkan Desa Pancasila dan Kedaulatan Pangan. Dan Maharya Pati siap memberikan pelatihan kemandirian sebagai bentuk kepedulian untuk meningkatkan perkonomian masyarakat dan desa yang pancasila,” terangnya.

Maharya Pati juga memprogramkan desa percontohan, salah desa yang sudah menjadi desa percontohan berada di Limbangan Kabupaten Garut.

Brigjen. Rudiono mengatakan bahwa Program kerja Maharya Pati dimulai dari Tahun 2013 lalu, dan program ini perwujudan TNI Manunggal Rakyat, dan Desalah yang merupakan objek untuk mewujudkan kedaulatan pangan demi untuk terciptanya masyarakat pedesaan yang subur, makmur, gemah ripah loh jinawi sesuai harapan kita semua dan Maharya Pati.

“Ada Tiga sektor utama di pedesaan yang jadi prioritas Manunggal TNI dan Maharya Pati yakni Pangan, Kesehatan dan Pendidikan. Dan dalam pangan sendiri Maharya Pati telah membina, melatih, membantu memberi bibit unggul dan pupuk organik kepada 6500 Gapoktan yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT serta NTB dan dari kesemuanya dinilai berhasil,” ungkapnya.

Di waktu yang sama, Pembina Maharya Pati memberikan cinderamata  kepada Ketua Maharya Pati Bojong Galuh, berupa 2 ekor Kambing dan benih Ikan Mas yang akan disebar ke beberapa kolam milik masyarakat Bojong Galuh dengan harapan kelak dapat  bermanfaat dan bertambah banyak. (Jaja, ST)

3,710 total views, 4 views today